NEWS

Antisipasi Bencana La Lina, BPBD Bangka Belitung Gelar Apel Kesiapsiagaan TRC

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar apel Kesiapsiagaan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana sebagai bentuk antisipasi kesiapan menghadapi bencana akibat La Lina.

Kepala BPBD Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap kelengkapan peralatan dan bagaimana kesiapan personel TRC apabila diturunkan ke lokasi yang terjadi bencana.

“La Lina membuat perubahan cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini hingga berpotensi menimbulkan bencana. Apel kesiapsiagaan ini digelar guna meningkatkan disiplin personel dan menyatukan persepsi tentang apa yang harus dilakukan apabila terjadi bencana,” ujar Mikron kepada wartawan usai Apel Kesiapsiagaan TRC Dalam Penanganan Bencana di Gedung VIP Bandara Depati Amir lama, Jumat, 5 November 2021.

Menurut Mikron, fenomena La Lina diprediksi akan terus terjadi hingga akhir tahun ini. Lalu di Januari – Februari, kata dia, Bangka Belitung dihadapkan dengan tingginya air laut hingga berpotensi terjadi pasang rob.

“Untuk itu kita sudah harus mensiagakan diri dan menyiapkan hal-hal yang kita perlukan. Terutama sekali kita berupaya mengurangi kerugian setiap terjadi bencana, baik itu kerugian materil maupun korban jiwa,” ujar dia.

Mikron menambahkan masyarakat sudah harus mewaspadai diri dan menghentikan aktivitas segala aktivitas apabila terjadi curah hujan yang tinggi mengingat badai dan angin bisa datang sewaktu waktu sehingga membuat cuaca cepat berubah.

“Apalagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan perlu juga mewaspadai karena badai dan arus laut yang kencang tanpa diduga bisa terjadi. Penambang juga waspada karena hujan bisa saja terjadi longsor. Belum lagi keluarnya satwa-satwa liar seperti ular dan buaya yang sering keluar,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button