BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Alokasi Pupuk Subsidi Bangka Selatan Bertambah 2.936 Ton

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Kabupaten Bangka Selatan memperoleh tambahan alokasi Pupuk subsidi sebanyak 2.936 ton di tahun 2021 ini yang terdiri dari alokasi pupuk jenis Urea, SP 36, ZA, Ponska dan organik.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, Suhadi mengatakan, selama tahun 2021 pihaknya mendapatan alokasi pupuk subsidi dengan total sebanyak 19.952 ton untuk lahan pertanaman pangan.

“Sebelumnya kita mendapatkan kurang lebih 17.016 ton, kemudian dengan kondisi saat ini adanya peningkatan-peningkatan penggunaan dan sebagainya, sehingga ada relokasi di Provinsi dari Kabupaten lain tambahan kurang lebih 2.936 ton ke Kabupaten Bangka Selatan. Semuanya ada penambahan walaupun tidak terlalu besar,” kata Suhadi, Senin, 15 November 2021.

Ia menuturkan, alokasi pupuk subsidi yang diterima akan didistribusikan ke 8 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Selatan. Namun untuk pendistribusiannya dievaluasi sesuai dengan luas arealnya sebab pupuk subsidi diutamakan sesuai petunjuk teknisnya untuk pertanaman pangan.

“Pndistribusian pupuk bersubsidi ini diperuntukkan bagi petani dengan syarat telah bergabung dalam kelompok tani yang telah terdaftar dalam Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), artinya yang telah masuk dalam e-RDKK itu akan mendapatkan kartu tani dan itulah yang bisa mendapatkan pupuk subsidi ini” ujar dia.

Ia mengungkapkan, serapan yang paling banyak ada di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Payung, Airgegas kemudian Toboali.

“Pemberian pupuk subsidi ini berdasarkan alokasi hektar dan untuk per petani maksimal itu 2 hektar. Jadi dibatasi satu orang (petani) paling banyak menerima pupuk subsidi itu maksimal untuk luas lahan 2 hektar,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button