NEWS

Warning Bagi Dunia Pendidikan Bangka Belitung, Pelajar Terjerat Narkoba Terus Meningkat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kasus narkoba yang menjerat pelajar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mengalami peningkatan setiap tahun. Hal tersebut perlu menjadi perhatian serius guna menyelamatkan dunia pendidikan agar tidak tercoreng narkoba.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan pihaknya dan jajaran hingga saat ini sudah mengungkap kasus narkoba dengan keterlibatan pelajar lebih dari 250 orang.

“Kasus narkoba ini memberikan kontribusi lumayan karena dari seluruh kejahatan yang diungkap, kasus narkoba berkontribusi 30 hingga 40 persen. Pada 2019 lalu ada 375 kasus narkoba. Tahun 2020 ada 390 kasus dan tahun 2021 hingga Oktober sudah 328 kasus narkoba yang ditangani direktorat narkoba dan jajaran,” ujar Anang kepada wartawan, Rabu, 27 Oktober 2021.

Anang menuturkan pada tahun lalu pihaknya mengungkap ada keterlibatan 22 orang pelajar dalam kasus narkoba. Sedangkan ditahun ini, pelajar yang terjerat narkoba terungkap sebanyak 31 orang.

“Kita sangat prihatin dengan kasus narkoba yang menimpa kalangan usia pelajar dimana setiap tahun selalu mengalami peningkatan sehingga perlu perhatian serius,” ujar dia.

Menurut Anang, konsep yang digulirkan antara BNN pusat dan pemerintah daerah dalam menyusun kurikulum pendidikan anti narkoba sangat tepat untuk memberikan pendidikan dan edukasi kepada pelajar sejak dini.

“Ini luar biasa kalau berjalan karena langsung menyentuh semua lini anak-anak kita. Dengan pemahaman ini, diharapkan tingkat keterlibatan pelajar hingga mahasiswa akan menurun,” ujar dia.

Kepala BNN RI Komisaris Jenderal Petrus Reinhard Golose menambahkan upaya perlindungan dan pencegahan adalah hal yang utama dalam memberantas narkoba. Sedangkan upaya penanggulangan dan pemberantasan, kata dia, itu bisa dilakukan beriringan.

“Tetapi yang paling penting utamakan adalah melakukan pencegahan dan rehabilitasi. Jangan takut bagi yang sudah terlanjur menggunakan. Sudah ada rehabilitasi. Kalau direhabilitasi itu tidak dihukum,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button