NEWSPANGKALPINANG

Wali Kota Akan Lestarikan Tradisi Nganggung

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Masjid Al Mukarrom Tuatunu, pada Senin malam, 18 Oktober 2021.

Molen mengatakan, ia sengaja malam itu datang ke masjid tertua di Pangkalpinang tersebut, untuk merayakan tradisi nganggung masyarakat Bangka Belitung. Molen juga berharap budaya nganggung tidak lekang dan hilang oleh waktu.

“Dari dulu sampai sekarang budaya nganggung ini menjadi budaya asli tradisional masyarakat Bangka Belitung. Ini harus kita lestarikan budaya ini jangan sampai hilang dalam momen-momen agama Islam supaya kita budayakan dan laksanakan kembali,” ujar Molen.

“ Selain itu, dari dulu memang kami pengen Kampung Melayu ada di Tuatunu. Sebuah kota dengan adanya Kampung Melayu yang menjaga nuansa religius keislaman di sini. Sabar dan pelan-pelan kita perbaiki apalagi di tengah pandemi seperti ini kita defisit anggaran kita besar,” tambah dia, kemudian.

Lebih lanjut, Molen mengatakan Pemkot Pangkalpinang berupaya memperbaiki dan merapikan infrastruktur jalan, lampu penerang di sekitar masjid kayu dan Kampung Tiga Orang yang menjadi ikon Kota Pangkalpinang.

“Kita buat tugu selamat datang di Kampung Melayu yang sudah dirancang walaupun dengan defisit anggaran. Akan tetapi, pelan-pelan kita perbaiki. Semoga menjadi berkah dan doa kita selamat dunia dan akhirat,” ujarnya.

Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button