BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALLENSA POLITIKNEWS

UKM Bangka Tengah Terima Bantuan Mesin Produksi dan Alat Revitalisasi

Lensabangkabelitung.Com, KOBA – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman secara simbolis menyalurkan bantuan pengadaan mesin dan peralatan revitalisasi sentra industri kecil menengah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021.

Bantuan tersebut diberikan kepada 51 UKM yakni 36 orang dari Kelompok Sentra Getas Kawan Hekule Desa Kurau Barat dan 15 orang dari Kelompok Sentra Kemplang Besampan Desa Kurau.

Algafry mengatakan para pelaku UMKM merupakan sektor yang turut berkontribusi terhadap pembangunan khususnya di bidang ekonomi. Kehadiran dan sinergitas para pelaku UMKM dengan pemerintah daerah menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami peningkatan.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangka Tengah terus mengalami peningkatan, salah satunya karena peran pelaku UMKM sebagai penyangga perekonomian daerah,” ujar Algafry, Senin, 4 Oktober 2021.

Algafry menekankan bahwa sektor UMKM memiliki peranan besar dalam mengatasi permasalahan mendasar seperti kemiskinan dan pengangguran.

“Apabila sektor UMKM ini didorong dengan baik, kita berikan fasilitasi yang maksimal, maka sektor ini bisa menjadi solusi dari permasalahan kemiskinan dan pengangguran,” jelas Algafry.

Ia juga menyampaikan bahwa ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang mau bersungguh-sungguh dalam menjalankan usahanya. Hasil produk yang sudah ada akan ditawarkan ke berbagai gerai yang ada di Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah.

“Pulau Ketawai akan kita kembangkan menjadi salah satu destinasi wisata. Saya yakin kedepannya produk-produk ini akan menopang dampak pertumbuhan ekonomi serta membuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat,” ujar dia.

Adapun bantuan yang diberikan berupa mesin generator set (genset), countinous seller, mesin cooding, freezer, mesin pemotong kemplang, mesin penggiling ikan, mesin pengadon, oven pengering dan etalase produk.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat sekaligus Plt. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah beserta jajarannya, Sekretaris Camat Koba, Kades Kurau Barat, Kades Kurau Timur serta calon penerima bantuan.

Penulis: Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button