NEWS

Tinjau Mesin Pembangkit, BPJ Minta PLN Segera Pulihkan Kondisi Kelistrikan di Bangka

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Memahami keresahan masyarakat atas seringnya listrik padam akhir-akhir ini di Pulau Bangka, membuat Anggota DPR RI Bambang Patijaya bergegas untuk mencari tahu langsung penyebab dan urun rembuk solusi permasalahannya. Legislator Senayan dari Daerah Pemilihan Bangka Belitung ini pun pada Jumat sore, 15 Oktober 2021, mendatangi PLN di unit Pembangkitan Air Anyir, Bangka.

Kepada BPJ, General Manager PLN UIW Babwl Amris Adnan menunjukkan kondisi mesin Mobile Power Plant (MPP) berdaya 25MW yang mengalami kerusakan dan saat ini sedang dalam proses perbaikan. Kerusakan pada gearbox mengharuskan mesin buatan General Electric itu setop beroperasi.

“Tadi sudah ditunjukkan gearbox-nya rusak. Dan, gearbox-nya tidak bisa begitu saja, copot pasang. Karena (letak) barangnya sulit, posisinya ada di bawah,” ujar BPJ.

Untuk membuat kondisi pemadaman sementara tak berlarut, PLN telah berupaya mendatangkan perangkat engine dari Riau yang saat ini sudah dalam perjalanan dari Palembang menuju ke Pulau Bangka.

General Manager PLN UIW Babel, Amris Adnan mengungkapkan komitmennya untuk bekerja keras memulihkan kondisi kelistrikan pulau Bangka.

“Kami terus bekerja keras untuk memulihkan sistem kembali normal sesuai rencana, yaitu tanggal 28 Oktober. Kami juga mengimbau agar masyarakat mengurangi pemakaian listrik pada saat beban puncak sebesar 30 persen untuk mengurangi dampak padam yang lebih luas,” ucap Amris.

Atas upaya yang dilakukan oleh PLN untuk memulihkan kondisi kelistrikan, BPJ mengapresiasi dan sekaligus meminta agar perbaikan dapat berlangsung cepat, sehingga listrik kembali normal.

“Kita mendesak dan menegaskan, di masa mendatang persoalan perawatan itu penting. Tadi kita dengar ada gram dan lain sebagainya. Itu satu indikator bahwa di mesin itu ada masalah. Apakah masalahnya di material gearbox-nya atau olinya, atau apanya. Tolong di masa mendatang internal PLN memperhatikan persoalan-persoalan ini sehingga tidak terulang,” ujar BPJ kepada wartawan.

Politisi asal Partai Golkar ini juga berharap agar perbaikan berjalan lancar. Dia pun memuji langkah PLN dalam berkomunikasi dengan khalayak di masa pemadaman bergilir saat ini.

“Mengenai penyebab kerusakannya dijelaskan, ada desain grafis di media sosial dan sebagainya. Saya pikir itu cara yang positif. Dan, hari ini pun kedatangan disambut dengan baik dan dijelaskan secara terbuka upaya-upayanya. Kalau barang dari luar sudah datang, bisa segera dipasang. Mudah-mudahan listrik kembali normal,” ujar BPJ.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button