BANGKA TENGAHNEWS

Tiga Tahun Berturut, Pemkab Bateng Raih Anugerah Parahita Ekaparya

Lensabangkabelitung.com, Koba – Penghargaan kembali diterima Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Kali ini Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 kategori utama disandang negeri Selawang Segantang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bangka Tengah, dr Dede mengatakan Anugerah Parahita Ekapraya ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada yang daerah telah melaksanakan pengarusutamaan gender.

“Daerah lebih ditekankan terhadap peran perempuan dalam pembangunan,” ujar dia, Rabu, 13 Oktober 2021.

Dr Dede menerangkan, Kabupaten Bangka tengah berkomitmen penuh dalam memberikan ruang bagi kaum perempuan untuk berperan aktif membangun Bangka Tengah yang unggul, hal ini dibuktikan dengan komitmen bupati dalam memberi ruang dan waktu kepada kaum perempuan untuk bersinergi, berkreasi dan berinovasi dalam membangun Bangka Tengah semakin unggul.

“Ini merupakan penghargaan ketiga berturut-turut Bangka Tengah meraih penghargaan APE yaitu dari tahun 2016 dengan kategori madya, 2018 naik kategiri utama dan tahun ini 2021, kita pertahankan agar tetap dapat predikat utama,” ujar dia.

Dikatakan Dr Dede, Bangka Tengah merupakan satu dari 72 Kabupaten se-Indonesia yang mendapatkan APE dengan kategori utama, sehingga kedepan pihaknya akan menargetkan kategori mentor.

“Ada tujuh indikator dalam penilaian APE ini dan kami optimis akan mampu mempertahankan prestasi membanggakan ini atau bahkan bisa lebih baik lagi,” ujar dia.

Diketahui, tujuh indikator dalam penilaian Anugerah Parahita Ekapraya yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, pemberdayaan, data dan sistem informasi, peran serta masyarakat dan jejaring.

Penulis: Hendri Ahen | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button