BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Stok Vaksin Bangka Selatan Sedang Kosong

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Agus Pranawa mengatakan, animo masyarakat di Bangka Selatan untuk vaksin Covid-19 mulai meningkat. Namun stok vaksin di gudang farmasi saat ini sedang kosong.

“Untuk stok vaksin terakhir kemarin itu sebanyak 471 vial dan sudah didistribusikan ke fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Bangka Selatan. Dan untuk saat ini stok vaksin di gudang farmasi kita kosong. Sedangkan animo masyarakat untuk vaksin lumayan meningkat, dan mereka juga bertanya-tanya kapan vaksin tersedia,” kata Agus Pranawa, Rabu, 6 Oktober 2021.

Ia menuturkan, capaian vaksinasi sampai saat ini untuk dosis pertama yakni 38 persen dengan total vaksininasi sebanyak 61.100 dari total sasaran vaksin sebanyak 155.953. Sedangkan capaian vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) baru mencapai 16 persen.

“Capaian vaksinasi kita 38 persen dari total sasaran vaksinasi 155.953 yang mencakup semua masyarakat yang terdiri dari pelayan publik, tenaga kesehatan, lansia, masyarakat umum, remaja dan juga ibu hamil,” ujar dia.

Agus mengukapkan, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Bangka Selatan, pihaknya akan memfokuskan pada vaksinasi kepada masyarakat guna membentuk kekebalan tubuh atau herd immunity.

“Kita tetap fokuskan pada vaksinasi. Mudah-mudahan nanti kita mendapatkan tambahan vaksin dari pusat. Sehingga kita bisa mencapai target yang telah ditentukan sehingga kita bisa turun ke level 2. Karena syarat untuk bisa turun ke level dua salah satunya capaian vaksinasi,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button