NEWS

Sempat Tertunda Satu tahun, Acara Pembukaan PON XX Papua Berlangsung Meriah

Lensabangkabelitung.com, Jayapura – Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Utama Lukas Enembe, kompleks olahraga Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, yang dilaksanakan pada Sabtu, 2 Oktober 2021 berlangsung meriah.

Rombongan kontingen dari 34 Provinsi memasuki Stadion Lukas Enembe dan disambut dengan riuh bergemuruh oleh seisi stadion.

Hadir dalam acara pembukaan itu, sejumlah menteri kabinet kerja dan para gubernur dari sejumlah provinsi di Indonesia, seperti dari Bangka Belitung diwakili Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah, Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil, Gubernur Tengah, Ganjar Pranowo, dan lain-lain, serta tamu undangan lainnya.

Bendera PON pun dikibarkan setelah Gubernur Papua Lukas Enembe yang juga menjadi Ketua Umun PB PON XX menyampaikan kata sambutan. Pilihan kata-kata yang ia lontarkan terbukti mampu menambah semangat sportivitas karena disambut kompak oleh para pengunjung dengan yel-yel moto PON XX, “Torang Bisa.”

Kombinasi kesenian tradisional dan modern langsung diputar seusai bendera PON berkibar gagah. Mulai dari tarian, nyanyian, hingga berbagai aktraksi seni lainnya yang terlihat menawan dan memanjakan mata para pengunjung. Tata lampu yang dikombinasikan dengan sinar laser juga berperan penting untuk membuat jalannya seremoni pembukaan ini semakin menarik.

Malam yang indah untuk Indonesia, malam penuh sejarah untuk Bumi Cenderawasih, Papua. Dengan susah payah melewati berbagai tantangan serta sempat ditunda setahun karena pandemi Covid-19, malam ini Papua membuktikan dirinya sebagai Tuan Rumah event olahraga bergengsi empat tahunan itu dalam semangat Torang Bisa: Kita Bisa. Papua Bisa, Indonesia Bisa.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button