NEWS

Satgas Covid-19 Tegaskan Kewajiban Isolasi Meski Kena Debat Atlet dan Official Babel di PON Papua

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Bangka Belitung menegaskan pelaksanaan kewajiban isolasi dan tes PCR bagi atlet dan official saat tiba di daerah usai keikutsertaan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Hal tersebut sesuai dengan Addendum Kedua Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 nomor 17 tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19. Dimana dalam ketentuan didalamnya, seluruh kontingen yang mengikuti PON Papua wajib dilakukan dua kali tes PCR dan karantina atau isolasi terpadu selama 5×24 jam usai tiba di daerah asal yang kemudian dilanjutkan isolasi mandiri selama 14 hari.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan pihaknya sempat mendapat perdebatan dari kontingen yang sudah tiba terkait menjalani isolasi dan tes PCR.

“Alasannya karena kepulangan mereka ke daerah asal sudah diantisipasi dengan tes kesehatan ketat di Papua sesuai dengan instruksi PB (Pengurus Besar) PON,” ujar Mikron saat dikonfirmasi wartawan melalui aplikasi pesan WhatsApp, Kamis, 14 Oktober 2021.

Meski mendapat perdebatan, kata Mikron, pihaknya sampai saat ini konsisten melaksanakan ketentuan bahwa seluruh kontingen yang datang ke Bangka harus melakukan isolasi baik terpusat maupun mandiri.

“Mandiri bagi mereka yang sudah dinyatakan negatif PCR. Setiap yang datang langsung kita tes PCR di Labkesda. Setelah keluar yang negatif yang pulang melakukan isolasi mandiri memenuhi ketentuan isolasi selama 7 hari,” ujar dia.

Menurut Mikron, kontingen yang sudah tiba di daerah ketika ditanyakan selalu memilih menjalani isolasi di rumah. Namun, kata dia, itu berat dipenuhi karena kesulitan untuk melakukan pemantauan.

“Kemarin juga waktu kita jemput di bandara oleh tim yang disiapkan, official dan atlet yang tiba ada yang pulang langsung. Karena kami tidak bisa membedakan mereka dengan penumpang lain. Tapi memang ada langsung pulang ke rumah,” ujar dia.

Mikron meminta atlet dan official yang sudah langsung pulang ke rumah untuk menjalani isolasi dan melakukan tes PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Bangka Belitung sebagai antisipasi mengingat penyebaran Covid-19 varian delta di Papua terus meningkat.

“Yang belum pulang kami koordinasi dengan KONI. Pertama jemput secara bersama di bandara. Kami minta mereka isoter usai dari bandara dan melakukan tes PCR,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button