BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KRIMINALLENSA TINSNEWS

Razia TI Ilegal Kolong SPAM Pangkalan Baru Bocor, Satpol PP Pilih Bakar Peralatan Tambang

Lensabangkabelitung.com, Pangkalan Baru – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka Tengah melakukan tindakan pembakaran alat Tambang Inkonvensional (TI) ilegal yang beroperasi di kolong bahan baku air Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Pangkalan Baru.

Sekretaris Satpol PP Wawan Kurniawan mengatakan pihaknya kesal dengan ulah penambang timah illegal di Kolong SPAM IKK Pangkalanbaru ini, karena setiap kali dilakukan razia selalu bocor.

“Kemarin kami razia, tapi pelaku tambangnya tidak ada. Hanya ada alat TI rajuknya, dan itu pun sudah berulang kali,” kata Wawan kepada wartawan, Jumat, 1 Oktober 2021.

Menurut Wawan, pihaknya mendapat laporan dari warga baik yang disampaikan secara langsung maupun yang tersebar di media sosial Facebook mengeluhkan air yang mereka konsumsi keruh dan tidak layak dikonsumsi.

“Penambang melakukan aktivitasnya secara kucing-kucingan. Akhirnya, hari ini kita kembali mendatangi lokasi kolong SPAM IKK dan membakar alat tambang TI yang tersisah tak bertuan di seputaran kolong SPAM IKK Pangkalan Baru ini,” ujar dia.

Wawan menuturkan ada 12 ponton yang beroperasi di wilayah tersebut dimana dua sakan dan satu pondok sudah mereka dibakar serta satu mesin diamankan.

“Dia menegaskan jika masih ada aktivitas di lokasi tersebut, maka akan dilakukan pembakaran dan pelaku yang diketahui identitasnya akan diproses secara hukum,” kata Wawan.

Wawan mengungkapkan bahwa SPAM IKK Pangkalanbaru ini adalah aset pemerintah yang harus dijaga dan dirawat, bukan dirusak. Maka dari itu, Satpol PP Bateng tidak tinggal diam lagi menyikapi keluhan pelanggan SPAM IKK Pangkalanbaru.

“Bahan baku airnya bukan kuning lagi, sudah coklat warnanya dan tidak layak konsumsi. Kita mengimbau warga setempat untuk dapat melaporkan jika ada penambang ilegal yang membandel lagi. Kita harap jangan ada lagi aktivitas di sana,” kata Wawan.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button