LENSA KRIMINALNEWS

Pertama Kali BNN Babel Terapkan TPPU, Aset Miliaran Milik Dua Bandar Narkoba Ini Disita

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dua orang bandar narkoba yang ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dijerat Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Keduanya menjadi bandar narkoba pertama di Bangka Belitung yang dimiskinkan.

Kepala BNN Bangka Belitung Brigadir Jenderal Zainul Muttaqien mengatakan penerapan TPPU kedua bandar narkoba tersebut baru pertama kali diterapkan sejak BNN Bangka Belitung berdiri.

“Dua orang bandar yang dikenakan TPPU tersebut berinisial A dan T yang sudah tertangkap beberapa waktu lalu,” ujar Muttaqien kepada wartawan usai menghadiri vaksinasi AKABRI Angkatan 90 di Joglo Lapangan Tenis Mapolda Bangka Belitung, 26 Oktober 2021.

Menurut Muttaqien, bandar berinisial A merupakan jaringan lapas dengan wilayah transaksi narkoba meliputi Aceh sampai NTB dan proses TPPU dilakukan hari ini.

“Dan satu lagi inisal T yang baru keluar dari Lapas Pangkalpinang. Belum sebulan keluar kita ambil lagi karena kasus TPPU. Luar biasa transaksinya sudah milyaran. Dua-duanya sudah diproses hukum,” ujar dia.

Muttaqien menuturkan aset yang diamankan dari kedua bandar tersebut bentuknya beragam dan memiliki nilai yang tinggi, kendaraan roda empat dan roda dua, perhiasan, rumah sampai kebun. Lokasinya pun, kata dia, tersebar di Bangka Belitung, Jawa, dan Sumatera.

“Semua ikut kita sita. Dalam menerapkan TPPU ini kita bekerja sama dengan tim penyidik TPPU dari BNN Pusat. Kedatangan Kepala BNN ini menjadi momentum kita lebih serius melakukan penegakan hukum terhadap penyalahgunaan narkoba,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button