NEWS

Kepala BNN RI Resmikan Pendidikan Anti Narkoba Masuk Kurikulum SMA/SMK di Bangka Belitung

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Program pendidikan anti narkoba masuk dalam kurikulum mata pelajaran bagi SMA dan SMK di Bangka Belitung resmi dimulai setelah di-launching oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Petrus Reinhard Golose.

Launching pendidikan anti narkoba masuk kurikulum pelajaran dan program empat pilar, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades dan Relawan dalam mewujudkan Desa Bersih dari Narkoba (Bersinar) itu digelar di Gedung Tribrata Polda Bangka Belitung, Rabu, 27 Oktober 2021.

Petrus mengatakan program tersebut digelar dalam rangka menyadarkan anak-anak dari sekolah atau pelajar tentang bahaya narkotika. Bangka Belitung menjadi provinsi pertama yang melaksanakan program tersebut.

“Dengan adanya pendidikan anti narkoba ini, para pelajar akan mengetahui akan bahaya narkotika, bagaimana menghindari dan cara mengimplementasikan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Saya sudah lihat silabusnya,” ujar Petrus kepada wartawan.

Petrus menuturkan narkotika merupakan ancaman sepanjang zaman terhadap generasi muda sehingga penyebarannya harus ditekan semaksimal mungkin.

“Selain itu adanya kolaborasi ditingkat bawah mulai dari Babinsa, bhabinkamtibmas, kades dan relawan BNN bisa menjadi ujung tombak pencegahan narkoba. Saya berterima kasih Bangka Belitung telah mencanangkan program yang aktual untuk menekan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan juga obat-obatan,” ujar dia.

Petrus menambahkan kreatifitas generasi muda Bangka Belitung harus ditingkatkan agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Apa yang dilakukan ini, kata dia, diharapkan akan mereduksi penyimpangan terhadap narkotika.

“Ada banyak jenis narkoba baru yang disebut dengan NQS dimana banyak yang sintetik yang dicampur dengan tembakau dan diedaekan kepada masyarakat terutama pelajar. Ini harus kita cegah,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button