BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KRIMINALNEWS

Kasus Suami Bunuh Istri di Toboali, Pelaku Sempat Curi Emas Korban Untuk Beli Sabu

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Muhammad Rafli suami dari mendiang Ela Andini (24 tahun) warga Jalan Teratai Kelurahan Teladan Kecamatan Toboali berhasil diamankan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bangka Selatan pada Kamis kemarin 21 Oktober 2021 di sebuah perkebunan kelapa sawit Riau Silip Kabupaten Bangka.

Muhammad Rafli diamankan polisi lantaran diduga telah melakukan pembunuhan terhadap istrinya Ela Andini pada Rabu 20 Oktober 2021 dengan cara mencekik leher korban. Ela Andini ditemukan meninggal dunia di dalam kamar kediaman orang tuanya di Jalan Teratai Kelurahan Teladan Toboali.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Joko Isnawan mengatakan, tersangka diamankan di sebuah perkebunan kepala sawit di Riau Silip Kabupaten Bangka. Dimana saat diamankan tersangka mengakui bahwa dia telah melakukan pembunuhan terhadap istrinya beberapa hari yang lalu.

“Tersangka ini baru menikah dengan istrinya pada bulan September 2021. Setelah menikah ini, pada tanggal 3 Oktober tersangka ini mencuri emas istrinya kemudian dijual di salah satu toko emas di Bangka Selatan seharga Rp 6,750.000. Kemudian uang tersebut digunakan tersangka untuk menggunakan Sabu, bermain judi dan minum-minuman bersama temannya,” kata Joko kepada wartawan dalam konferensi pers, Jumat 22 Oktober 2021.

Dan pada hari Selasa 5 Oktober 2021, kata AKBP Joko Isnawan, tersangka menemui istrinya dan mengakui telah mencuri emas milik istrinya. Dari situ, istrinya tahu kalau suaminya pemakai narkoba sehingga tersangka ini diusir, dan korban meminta untuk dikembalikan uang kepada tersangka.

“Tanggal 19 Oktober 2021 pukul 16.00 WIB sebelum kejadian itu, korban ini sempat mendatangi pelaku lalu meminta untuk diceraikan. Dan dari kejadian itu, pelaku curhat sama temannya AP. Dan dari keterangan AP ini dia menjawab dengan guyonan dan asal ngomong kepada pelaku sudah kau matikan saja,” ujar dia.

Kemudian pada tanggal 19 Oktober tersebut, tersangka yang habis menggunakan narkoba jenis Sabu, sekitar pukul 01.00 WIB pulang ke rumah korban dan tidur di sana. Dan hari Rabu 20 Oktober 2021 sekitar pukul 08.00 pasangan suami istri ini berhubungan badan. Dan setelah berhubungan itu, tersangka membuka HP korban dan membaca Chat di handphone korban.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, dia membaca chat di dalam handphone korban dengan laki-laki lain, namun ini masih kita dalami, sehingga tersangka ini menduga kalau istrinya selingkuh, sehingga tersangka membunuh istrinya tersebut dengan cara mencekik leher korban yang menyebabkan korban meninggal dunia,” ujar dia.

Setelah membunuh istrinya, pada pukul 10.00 WIB, tersangka berpamitan kepada keluarga korban dengan alasan mengantar paket dengan membawa motor dan handphone milik korban. Setelah itu tersangka menemui temannya AP.

Setelah kejadian itu, tersangka ini menemui AP dan diantar lah sama AP ini ke Pangkalpinang, sementara AP balik pulang. Dari Pangkalpinang ini tersangka baik mobil bak menuju ke Riau Silip Kabupaten Bangka, dari sana tersangka berhasil diamankan,” ujar dia.

Selain mengamankan tersangka Muhammad Rafli pihaknya juga mengamankan AP teman tersangka. Atas perbuatannya tersangka Muhammad Rafli disangkakan dengan pasal pasal 338 KUHP barang siapa yang dengan sengaja merampas nyawa orang lain diancam paling lama 15 tahun penjara.

Sedangkan untuk tersangka AP disangkakan dengan pasal 221 KUHP barang siapa dengan sengaja menyembunyikan irang yang melakukan kejahatan dengan ancaman 9 bulan.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button