LENSA KRIMINALNEWS

JPU Putuskan Banding Terhadap Vonis Perkara Sukma Wijaya Pemilik Akun FB Ayak Bedincak

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Vonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pangkalpinang yang memutuskan hukuman pidana percobaan terhadap terdakwa Sukma Wijaya alias Sukma alias Ayak Bedincak Bin Wahar tidak diterima oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Pangkalpinang.

JPU Muhammad Ikbal mengatakan pihaknya merencanakan pada hari ini akan mengajukan banding terkait putusan tersebut.

“Kita memutuskan banding dikarenakan putusan tersebut tidak sesuai dengan tuntutan JPU yang menuntut hukuman penjara,” ujar Ikbal kepada wartawan, Senin, 25 Oktober 2021.

Menurut Ikbal, hakim dalam putusannya sudah menyatakan bahwa terdakwa terbukti bersalah sebagaimana yang didakwakan.

“Akan tetapi terkait hukuman, hakim tidak sependapat dan menjatuhkan pidana percobaan kepada terdakwa. Ini tidak sesuai dengan tuntutan,” ujar dia.

Ikbal menuturkan pihaknya menghargai putusan yang sudah dibacakan oleh Majelis Hakim PN Pangkalpinang. Namun keputusan banding, kata dia, sudah diputuskan oleh JPU.

“Harapan JPU terkait banding ini putusan yang diberikan sesuai dengan tuntutan JPU sebelumnya,” ujar dia.

Sebelumnya Humas PN Pangkalpinang Hotma Sipahutar mengatakan sidang pembacaan putusan terkait perkara pidana Nomor 112/Pid.Sus/2021/PN Pgp dengan terdakwa Sukma Wijaya yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang, Kamis, 19 Oktober 2021.

Majelis hakim, kata dia, memutuskan vonis enam bulan penjara dan denda sebesar Rp10 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama dua bulan.

“Namun pidana tersebut tidak usah dijalani kecuali jika di kemudian hari ada putusan hakim yang menentukan lain disebabkan karena terpidana melakukan suatu tindak pidana sebelum masa percobaan selama 12 bulan berakhir,” ujar dia.

Dengan adanya upaya banding yang hari ini diajukan oleh JPU, maka vonis perkara tersebut selanjutnya akan diputuskan oleh majelis hakim Pengadilan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button