LENSA KRIMINALNEWS

Buka Tambang di HL, Pengusaha Timah Ilegal Ini Ditahan Ditreskrimsus Polda Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung resmi menetapkan tersangka dan menahan pengusaha timah asal Belitung karena terlibat aktivitas pertambangan ilegal.

Direktur Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Haryo Sugihartono mengatakan tersangka yang ditahan adalah Joni Warga Pal Satu Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

“Pelaku kita tetapkan tersangka dan dilakukan penahanan karena diduga kuat sebagai pemodal pertambangan yang secara ilegal masuk dalam kawasan hutan lindung di wilayah Kabupaten Belitung Timur,” ujar Haryo kepada wartawan, Kamis Malam, 28 Oktober 2021.

Tersangka Joni, kata Haryo, dijerat pidana berlapis dengan dugaan melanggar Undang-undang minerba dan kehutanan terhadap aktivitas yang dilakukannya.

“Tersangka kita tahan dengan dilakukan penitipan di Polres Belitung Timur untuk kemudahan penyidikan dan proses lebih lanjut,” ujar dia.

Haryo menambahkan pihaknya juga telah mengamankan sejumlah barang bukti yang juga sudah dititipkan ke Polres Belitung Timur.

“Adapun barang bukti yang diamankan adalah satu unit alat berat jenis ekskavator dan juga peralatan tambang,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button