NEWS

Tindak Tegas Pelaku Balap Liar, Ditlantas Polda Babel Amankan 33 Unit Kendaraan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Lalu Lintas Polda Bangka Belitung melakukan tindakan tegas terhadap kegiatan balap liar yang di sejumlah wilayah. Penindakan dilakukan karena kegiatan balap liar tersebut sudah meresahkan dan membahayakan pengguna jalan yang lain.

Direktur Lalu Lintas Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Hindarsono mengatakan aksi balap liar menjadi perhatian pihaknya. Bahkan tindakan tegas pun tidak ragu dilakukan demi memberi kenyamanan dan menjaga keselamatan pengguna jalan.

“Sudah kita amankan kendaraan balap liar itu. Bisa dilihat ada di lapangan parkir Ditlantas sekarang. Ada kendaraan ada roda empat dimana kenalpot diganti tanpa pelat nomor. Toral ada 8 kendaraan roda empat dan roda dua ada 25 kendaraan,” ujar Hindarsono kepada wartawan, Senin, 20 September 2021.

Hindarsono menuturkan tindakan tegas lain yang diberikan pihaknya adalah tidak akan dengan mudah mengeluarkan barang bukti selama pemilik kendaraan belum memenuhi syarat dan prosedur yang ditetapkan.

“Kita sepakat tidak akan mengeluarkan barang bukti selama belum memenuhi prosedur yang telah kita tentukan. Selesai sidang satu bulan harus melengkapi persyaratan setelah itu membuat surat pernyataan dari keluarga, orang tua, pihak sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tempat dia bekerja,” ujar dia.

Hindarsono menambahkan pengamanan dan tindakan tegas terhadap pelaku balap liar bertujuan untuk sama-sama menjaga kondusifitas wilayah dan menjaga keteraturan serta ketertiban sosial dalam lalu lintas.

“Kalau kita tidak melakukan itu, maka yang selalu disalahkan adalah polisi. Orang tua kemana, sekolah kemana dan pihak lain juga yang ikut mengontrol kegiatan anak,” ujar dia.

Penulis : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button