NEWS

Syukuran HUT ke-66 Lalu Lintas dan Peresmian Gedung Baru PJR, Personel Ditlantas Polda Babel Dituntut Tingkatkan Kinerja

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Puncak kegiatan HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara digelar dengan syukuran dan peresmian Gedung Presisi Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas Polda Bangka Belitung.

Gedung baru PJR dibangun dua lantai di lahan seluas 384 meter persegi dengan anggaran Rp 1,2 miliar. Adapun fasilitas lantai satu untuk parkir kendaraan dinas roda empat dan roda dua jenis motor gede. Sedangkan untuk lantai dua diperuntukkan perkantoran, gudang arsip hingga aula baru Ditlantas berkapasitas 50 orang.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan ada konsekuensi bagi personel PJR seiring dengan penempatan gedung baru dimana setiap anggotanya dituntut untuk meningkatkan kinerja.

“PJR bukan raja jalanan. Tetapi PJR memberikan pengamanan dan pengawalan kepada pihak yang membutuhkan agar cepat dan aman sampai tempat tujuan. Kinerjanya harus lebih baik,” ujar Anang dalam sambutan, Rabu, 22 September 2021.

Menurut Anang, polantas memiliki peran penting karena mengemban fungsi polri yang memiliki tugas strategis dengan membidangi edukasi, engineering, penegakan hukum, registrasi dan identifikasi ranmor serta sebagai pusat koordinasi, komunikasi, komando dan kendali informasi.

“Melihat tugas ini, tentu bukan hal yang mudah. Apalagi saat ini perekonomian masyarakat yang bagus, tingkat kepemilikan ranmor semakin banyak. Sementara sarana dan prasarana jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi,” ujar dia.

Dengan masih banyaknya kejadian kecelakaan, kemacetan maupun pelanggaran karena masyarakat masih belum patuh, Anang mewanti-wanti bahwa persoalan itu menjadi tugas besar bagi jajaran lalu lintas.

“Untuk itu harus bisa menertibkan masyarakat agar tingkat kecelakaan dan kemacetan dapat dikurangi dan ketaatan masyarakat semakin baik. Ini tuntutan bagi seluruh insan lalu lintas Polda Bangka Belitung,” ujar dia.

Direktur Lalu Lintas Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Hindarsono mengatakan HUT Lalu Lintas Bhayangkara juga diisi berbagai macam kegiatan kemanusiaan antara lain vaksinasi, pembagian sembako, masker dan hand sanitizer serta melakukan penegakan hukum secara humanis dan turut serta dalam pembatasan level III dan IV.

“Semoga polantas bisa menjaga harapan masyarakat secara utuh dengan menjaga kamtibmas, ketertiban sosial dan Kamseltibcar lantas. Kita akan terus melakukan kegiatan bersifat preemtif, preventif dan represif bagi masyarakat. Serta menunjukkan eksistensi polantas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button