LENSA POLITIKNEWS

Ini Kata Mendagri Terkait Tunjangan DPRD Babel Naik Fantastis Saat Pandemi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Keputusan menaikkan tunjangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka di masa pandemi Covid-19 terus menuai sorotan publik. Hal tersebut dinilai kurang tepat mengingat keterbatasan anggaran penanganan Covid-19 dan banyaknya masyarakat yang kesulitan.

Dalam Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 18 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Gubernur Nomor 50 Tahun 2017 tentang Peraturan Pelaksanan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Hak Keuangan dan Administratif pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diterbitkan 21 Maret 2021 lalu, tunjangan DPRD naik hingga puluhan juta rupiah.

Jika sebelumnya tunjangan anggota DPRD biasa, hanya mendapatkan tunjangan perumahan Rp11,9 juta per bulan, kini naik lebih dari 100 persen mencapai Rp m23,5 juta per bulan. Ketua DPRD diberikan tunjangan perumahan sebesar Rp32,3 juta dan para Wakil Ketua DPRD diberikan tunjangan perumahan sebesar Rp27 juta.

Belum usai sampai disitu karena ada juga tunjangan transportasi dimana Ketua DPRD diberikan tunjangan transportasi sebanyak Rp30,7 juta, Wakil Ketua DPRD Rp26,2 juta dan anggota sebesar Rp21,4 juta.

Terkait hal tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan belum mengetahui informasi kenaikan fantastis tunjangan DPRD Bangka Belitung dan belum bisa berkata banyak.

“Saya baru mendengar soal itu dan belum bisa berkata banyak. Namun informasi tersebut akan kita cek lagi,” ujar Tito saat konferensi pers dengan wartawan di Kantor Gubernur Bangka Belitung, Kamis, 2 September 2021.

Tito menuturkan dia akan meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri untuk turun langsung mengecek kenaikan fantastis tunjangan DPRD Bangka Belitung.

“Mereka (Ditjen Bina Keuangan Daerah) yang paham soal teknis. Nanti saya minta berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan. Saya hanya bisa menjawab itu karena belum tahu banyak,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button