BANGKA BARATLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KRIMINALLENSA NASIONALLENSA TINSNEWS

Kapolda Babel Tegaskan Tidak Mau Terlibat Soal Bendera Tambang Ilegal Kelabat Dalam

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Saat konferensi pers setelah rapat koordinasi membahas konflik sosial di perairan Kelabat Dalam, Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menegaskan tidak mau terlibat dengan bendera-bendera yang kabarnya diduga terindikasi menjadi backing dibalik aktivitas penambangan ilegal di area laut tersebut.

“Bendera Merah Putih?, Bendera Belanda?, nggak tahu saya, kalau ada, yang seperti itu premanisme, saya tidak mau terlibat masalah itu, saya dan aparat Pak Danrem sepakat tidak ada seperti itu” kata Anang, Senin, 2 Agustus 2021.

Anang menyebutkan apabila memang ada dalang dibalik penambangan ilegal di Laut Kelabat Dalam tersebut makan segera mungkin akan diamankan. Melalui pemberitaan, Irjen Pol Anang meminta kepada penambang, jika merasa ilegal dan tidak mempunyai SPK beserta IUP untuk segera meninggalkan tempat atau akan ditindak secara tegas.

“Oleh karena itu saya himbau aja bagi para penambang-penambang ilegal ini, pergi saja dari sini sebelum kita tindak tegas, jangan sampai setelah kita selesai rapat yang kedua nanti, setelah ini dia masih ada dilapangan, ya mohon maaf, kita akan tindak tegas saja, tapi sekarang mumpung kita belum rapat yang berikutnya, saya minta mereka pergi” katanya.

Tidak hanya itu, Anang juga menegaskan hal yang serupa terhadap penampung-penampung ilegal jika mereka terbukti terlibat.

“Kalau kita menangkap dia di laut dia ada pasir timah, kamu mau dijual pada siapa, pada si A, apa bisa kita nangkap si A ?, nggak bisa, kecuali dia sudah ada transaksi sebagai penampung, kalau dia di kapal kita tangkap nggak mungkin, kecuali dia kita tangkap pada saat transaksi atau dia transaksinya pada siapa dialah sebagai penadah, mekanismenya ada,” ujar dia.

Penulis : Sepri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button