BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA POLITIKNEWS

Anggota Dewan dari Demokrat Ini Anggap Penanganan Covid-19 di Bangka Selatan Sangat Buruk

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Ketua Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan, Wendy mengatakan, penanganan pandemi Covid-19 di Bangka Selatan sangat buruk. Ha itu kata dia terlihat dari meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 beberapa hari terakhir.

“Kami menilai penangan Covid-19 ini sangat buruk. Dengan meningkatnya kasus positif dan meninggalnya pasien Covid-19 yang signifikan menandakan Pemkab Bangka Selatan gagal membendung virus Covid-19 ini,” kata Wendy, Minggu, 1 Agustus 2021.

Ia menuturkan, saat ini Bangka Selatan telah masuk kategori pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level tiga. Namun tidak menutup kemungkinan dengan jumlah kasus yang terus meningkat dan penangan hanya sebatas retorika dan pencitraan, tidak menutup kemungkinan Bangka Selatan akan naik ke tahap PPKM level empat.

“Kita bisa lihat kondisi saat ini RSUD full, kasus positif maupun yang meninggal naik, tapi tempat karantina sampai sekarang belum di buka juga, sehingga sangat rentan penularan semakin tinggi akibat dari pasien isoman yang tidak terkontrol,” ujar dia.

Menurut Wendy, banyak pasien yang isoman masih berkeliaran dan tidak diperhatikan oleh petugas. Namun hal itu, wajar karena mereka juga tidak mengerti apa yg harus diperbuat, sedangkan untuk tenaga tracing hanya satu orang saja di lapangan. 

“Pemimpin diharapkan bisa mendengar keluhan dan kendala di bawah, bukan hanya menerima laporan saja. Karena kami banyak mendengar keluhan dan kendala di masyarakat maupun dari pihak nakes. Coba tanyakan mengapa hal ini bisa terjadi?,” ujar dia.

Ia berharap, kritikan dan masukan bisa membuat pengambil kebijakan untuk cepat mengambil tindakan dalam menangani pandemi ini agar angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

“Karna kalau tidak segera bertindak kemungkinan akan terjadi bola salju di Bngka Selatan ini,” ujar dia.

Adapun jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan, per 31 Juli 2021 kemarin telah mencapai 2003 kasus dengan rincian 1421 sembuh, 531 dalam perawatan, dan 51 meninggal dunia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button