LENSA KRIMINALNEWS

Tangkap Terduga Teroris Agus Setianto, Anggota Densus Nyamar Pakai Jaket Grab

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Terduga teroris Agus Setianto alias Abu Raffa berhasil ditangkap kembali oleh tim gabungan Detasemen Khusus Densus 88 Anti Teror Mabes Polri dan anggota Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung.

Agus ditangkap sekitar pukul 21.30 WIB di Jalan Mentok Kota Pangkalpinang. Selain Agus, polisi juga mengamankan dua orang lain yakni adik Agus yang berinisial AP dan teman Agus berinisial SH.

Informasi yang diterima Lensabangkabelitung, sebelum menangkap Agus, anggota telah menyebar mencari informasi dan melacak posisi Agus. Informasi terakhir yang diterima, Agus berada di seputar Jalan Mentok, Kota Pangkalpinang.

Tim Densus yang menerima informasi tersebut langsung melakukan pengintaian dengan menyamar sebagai pengemudi ojek online (Ojol) Grab.

“Pas penangkapan, anggota Densus menggunakan jaket Grab,” ujar saksi mata kepada Lensabangkabelitung, Selasa, 6 Juli 2021.

Menurut saksi tersebut, dia sudah melihat beberapa orang menggunakan jaket Grab duduk sambil melihat ke salah satu rumah yang menjadi tempat tertangkapnya Agus.

“Sebelumnya memang ada beberapa laki-laki pakai jaket Grab yang terlihat. Pas penangkapan saya baru tahu kalau itu polisi,” ujar dia.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan saat ini Agus dengan penjagaan ketat sedang menjalani pemeriksaan.

“Dia ditangkap tidak sendirian. Melainkan ada dua orang lain laki-laki yang turut diamankan karena diduga kuat membantu,” ujar Anang kepada wartawan, Selasa, 6 Juli 2021.

Anang menuturkan AP dan SH turut diamankan karena sedang mengatur pelarian Agus Setianto keluar pulau Bangka.

“Sesaat ditangkap, mereka sedang mempersiapkan diri dan mengatur untuk keluar pulau. Ada barang uang yang menjadi barang bukti dan beberapa paket lain,” ujar dia.

Anang menambahkan ketiganya saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Mapolda Bangka Belitung untuk mendalami perannya masing-masing. Setelah itu, kata Anang, ketiganya kemungkinan akan dibawa ke Markas Densus di Jakarta.

“Diperiksa disini dulu. Setelah tuntas baru dibawa ke Jakarta. Ketiganya diamankan lebih ketat dan berbeda dengan pengamanan sebelum AS kabur,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button