BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Susun Raperda Kearsipan, Pansus DPRD Babel Belajar ke Bangka Selatan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Tim Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang penyelenggaran kearsipan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Selasa, 27 Juli 2021.

Kunjungan kerja yang dipimpin ketua pansus Raperda penyelenggaraan kearsipan Ringgit Kecubung dalam rangka penyusunan Raperda tentang tentang penyelenggaran kearsipan.

“Hari ini kunjungan pansus kearsipan untuk penyusuan Raperda. Kami meninjau, mengevaluasi serta bedisikusi apa yang menjadi kelemahan dan harus diperbaiki. Karena Bangka Selatan sudah mempunya Perda nomor 16,” kata Ringgit kepada wartawan, Selasa, 27 Juli 2021.

Ia menuturkan, kunjungan kerja pansus untuk meminta tanggapan dan masukan apa saja yang perlu diperbaiki dan ada tanggapan serta bahan apa yang perlu di pertimbangkan untuk di evaluasi.

“Ini kunjungan pertama kami ke Bangka Selatan, dan Alhamdulillah Bangka Selatan sudah memiliki Perda nomor 16. Dari hasil kunjungan kami ini akan menjadi acuan kami yang pertama,” ujar dia.

Sementara itu, anggota pansus DPRD Bangka Belitung, Adet Mastur mengatakan, Perda kearsipan sangat penting sangat urgen, karena kalau tidak membuat suatu arsip yang baik terhadap arsip-arsip yang ada akan berdampak pada hukum.

“Arsip ini sangat penting, dan di masing-masing OPD harus membuat suatu arsip yang baik, agar pada waktu pemeriksaan dari inspektorat ataupun instansi lainnya tidak berdampak pada hukum,” ujar dia.

Ia menuturkan, perda yang akan dibuat nantinya membuatkan sanksi kepada mereka yang sengaja menghilangkan arsip itu. Karena banyak kejadian-kejadian gedung yang tiba-tiba terbakar yang menjadi modus untuk menghilangkan arsip.

“Jadi arsip ini sangat penting buat para dinas  karena menjadi bukti otentik yang harus kita pertahankan. Untuk itu, DPRD lewat hak inisiatifnya mengeluarkan perda tentang penyelenggara kearsipan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button