BANGKA SELATANNEWS

Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Basel Akan Diberikan Honor

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan akan memberikan insentif atau honorarium kepada petugas pemakaman jenazah Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan. Hal itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada petugas pemakaman jenazah.

Ketua Bidang Evakuasi dan Pemakaman Jenazah Covid-19, Gatot Wibowo mengatakan, dalam prosesi pemakaman jenazah Covid-19 kedepan, sedikitnya ada 6 orang petugas pemakaman akan diberikan insentif dari Pemkab Bangka Selatan melalui Satgas Penanganan Covid-19.

“Untuk petugas evakuasi dan pemakaman jenazah Covid-19, di satuan tugas, dipastikan pemerintah akan memberikan apresiasi kepada petugas penggali kubur dan petugas pemakaman berupa intensif atau honorarium,” kata Gatot kepada wartawan, Rabu, 28 Juli 2021.

Ia menuturkan, awalnya hanya petugas penggali kubur saja yang diberikan honorarium, namun kejadian di lapangan ternyata pemakaman jenazah Covid-19 juga dilakukan oleh masyarakat, sehingga diajukan untuk mendapatkan insentif atau honorarium.

“Awalnya hanya petugas penggali kubur saja. Ternyata di lapangan petugas pemakaman yang awalnya disanggupi oleh petugas kesehatan tetapi dengan keterbatasan jumlah petugas kesehatan pemakaman ini kadang dilakukan oleh masyarakat dan akan diberikan honorarium kepada enam orang petugas,” ujar dia.

Gatot mengungkapkan, petugas pemakaman Covid-19 yang akan diberikan insentif atau honorarium itu harus ada surat keterangan kematian dari desa maupun lurah kepada petugas yang akan melakukan pemakaman jenazah Covid-19.

“Untuk petugasnya nanti terserah siapa, yang jelas nanti kita buatkan semacam syarat, salah satunya surat keterangan kematian dari lurah dan desa dalam hal ini kepala desa dampar penerima honorarium semacam surat tugas yang ditunjuk dari lurah atau kades kepada petugas yang bersangkutan sebagai bentuk pertanggungjawaban operasional honorarium,” ujar dia.

Ia menambahkan, untuk petugas pemakaman jenazah Covid-19 rencananya akan diberikan sebesar Rp 150 ribu per orang dalam satu kali kegiatan sesuai usulan yang disampaikan.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button