LENSA POLITIKNEWS

Percepat Pembangunan Desa, Komisi I DPRD Babel Kunjungi Kantor Desa Zed

Lensabangkabelitung.com, Bangka – Rombongan Komisi I DPRD Bangka Belitung yang dikomandoi, wakil ketua, Yoga Nursiwan beserta anggota mengunjungi Desa Zed untuk meninjau langsung kondisi perkembangan pembangunan yang ada di desa tersebut di masa pandemi ini.

Dalam kunjungan yang berlangsung Rabu, 22 September 2021, rombongan diterima langsung oleh dengan Kepala Desa Zed, M. Sodri yang didampingi Sekdes dan BPD di Kantor Desa Zed.

“Intinya kami (komisi I) berkeinginan untuk melihat kemajuan setiap desa agar penilaian desa-desa di Bangka Belitung ini bisa maksimal,” ujar Yoga.

Seperti halnya dengan pembangunan gedung perpusdes yang saat ini menemui berbagai kendala, lahan yang kurang memadai, minat baca warga yang rendah, sampai era teknologi saat ini memaksa para warga untuk bergantung kepada smartphone.

Dalam kesempatan tersebut, Rustamsyah menyampaikan agar setiap pemdes selayaknya memberikan fasilitas perpusdes di wilayahnya. Hal ini merupakan salah satu faktor dari penilaian desa oleh kementerian pusat.

“Jangan sampai Zed ini berbeda dengan desa lain yang sudah menjalankan perpusdes, ini nanti berpengaruh kepada penilaian desa ini,” jelasnya.

Dirinya pun berharap agar Pemdes Zed nanti bisa menyediakan fasilitas perpusdes yang memadai untuk masyarakat, dan memberikan inovasi-inovasi lebih agar minat membaca masyarakat bisa meningkat.

“Tahun depan, kepada Pak Kades sekiranya bisa menganggarkan sedikit untuk perpusdes ini. Tidak usah banyak, sedikit-sedikit dulu. Fasilitas desa seperti ini harusnya selalu tersedia, agar akreditasi desa ini bisa bagus,” Imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Zarkani mengharapkan peran optimal dari penggunaan dana desa untuk pembangunan lahan baru khusus perpusdes.

“Desa mungkin bisa menggunakan dana desa sendiri utnuk pembangunan ruang perpus yang nyaman, cari tempat strategis,” aran legislator Nasdem asal Belitung Timur ini.

Senada, Ringgit Kecubung menegaskan untuk segera membangun perpusdes yang layak untuk masyarakat. Terlebih, saat ini ada program bagi desa-desa untuk wajib menyediakan perpustakaan desa.

“Nanti dalam penyusunan APBDes tahun 2022 jika memungkinkan bisa disusun anggaran untuk perpusdes ini, apalagi sekarang setiap desa wajib ada perpusdes, sayang nanti Zed tidak kebagian bantuan,” ungkapnya.

Legislator PKS ini juga menambahkan bahwa inovasi perpusdes sangat penting guna menarik minat baca para warga, terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Jika memang nanti sudah ada perpusdes, buat inovasi-inovasi seperti lomba-lomba untuk anak, penyediaan internet gratis bagi pengunjung, apalagi sekarang tugas sekolah sudah online, sedikit banyak pasti berguna,” sarannya kemudian.

Pertemuan wakil rakyat dengan warga ini juga membahas sektor pelayanan masyarakat seperti pembuatan KTP dan KK, sampai pembangunan fasilitas olahraga.

Kepala Desa Zed, M. Sobri juga mengakui bahwa dirinya beserta perangkat desa mengalami kesulitan dalam menentukan satuan harga lahan/tanah bersama warga pemilik lahan yang ada didesanya.

“Untuk lahan, kami di sini kesulitan dalam pembebasan lahan masyarakat karena tidak ada titik temu terkait harga,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota komisi I Matzan, Susi dan Yusderahman.

Release DPRD Babel

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button