NEWS

KONI Babel Kesulitan, Elfandi Berharap Gubernur Bisa Mencari Jalan Keluar

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini sedang diterjang kesulitan keuangan. Apalagi, dalam waktu tiga bulan lagi, tepatnya mulai 2 Oktober 2021 atlet kontingen Babel akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

Kesulitan yang dihadapi KONI karena anggaran PON yang sebelumnya senilai Rp12,5 miliar, dipangkas menjadi Rp7 miliar. Total ada pengurangan senilai Rp5,5 miliar.

Ketua KONI Babel Elfandi merasa kondisi ini sangat sulit dihadapi KONI dan para atlet yang terdaftar menjadi kontingen Babel, mengingat gelaran PON akan segera berlangsung.

“Tentu saja akan membuat kita dalam kondisi yang sangat berat menghadapi ini, karena PON harus tetap jalan, dan kita menjaga semangat atlet bagaimana atlet ini bisa mengikuti PON ini, karena mereka sudah berjuang selama tujuh bulan,” ucap Elfandi, saat dijumpai awak media di Kantor KONI pada Sabtu, 24 Juli 2021.

Untuk mencari jalan keluar, Elfandi dalam waktu dekat akan menemui Gubernur Babel Erzaldi Rosman untuk mencari solusi, agar konsentrasi atlet dalam mempersiapkan diri tidak terganggu.

“Anggaran yang menjadi kekurangan kita adalah untuk latihan tiga bulan ke depan dan keberangkatan, angkanya tidak bisa dirubah, sebesar Rp3,2 miliar, kita juga sudah memotong sebagian anggaran di bidang lain juga,” ujar dia.

Elfandi berharap pertemuannya dengan Gubernur Babel bisa menemukan jalan keluar. Karena, menurut Elfandi, Gubernur Babel sangat men-support kegiatan olahraga, sehingga para atlet bisa bertanding di PON, dan sangat menghindari opsi untuk memangkas atlet yang berangkat bertanding.

“Itu opsi yang sangat kita hindari, saya sangat menghindarinya, karena saya pernah merasakan menjadi atlet, tentu ini memiliki dampak psikologi bagi atlet, kalau tidak ada solusi lain, apa boleh buat itu harus terjadi,” kata Elfandi.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button