NEWS

Kapolda Babel Minta Pengawasan Jalur Keluar Masuk Daerah dengan PPKM Level IV Diperketat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah pusat resmi menetapkan tiga wilayah tingkat dua di Bangka Belitung, yakni Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV.

Terkait hal tersebut, Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan pemberlakuan PPKM level IV juga harus membuat jalur keluar masuk perlu perhatian lebih banyak.

“Posisi di Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur memang agak rawan. Tapi khusus Bangka Barat dan kabupaten lain yang satu pulau, kita perlu pengetatan pengawasan terhadap alur keluar masuknya orang yang melalui jalur tertentu, baik darat maupun laut,” ujar Anang saat Rapat Koordinasi Pembahasan Kebijakan Penanganan Covid-19 di Gedung Tribrata Mapolda Bangka Belitung, Sabtu, 24 Juli 2021.

Jalur laut Kabupaten Bangka Barat, kata Anang, perlu mendapat perhatian lebih dan diwaspadai karena diprediksi akan banyak orang yang masuk seiring dengan segera dibukanya tambang Ponton Isap Produksi (PIP) di Desa Belo.

“Dengan dibukanya PIP di Desa Belo, entunya yang masuk ke sana nanti masyarakat yang lain. Bahkan mungkin dari Palembang masuk. Oleh karena itu saya berharap pengawasan terhadap mereka yang masuk agar dilakukan pengawasan secara ketat,” ujar dia.

Menurut Anang, kebijakan dari pemerintah yang memutuskan sudah ada daerah yang level III dan IV di Bangka Belitung akan berdampak pada sektor ekonomi dan sektor lainnya.

“Semua perlu disiapkan seperti Bulog untuk pendistribusian beras. Tolong semua bekerja. Lurah, kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas melihat masyarakatnya dengan menyentuh langsung,” ujar dia

Anang berharap tidak ada laporan adanya masyarakat di wilayah PPKM level III dan IV yang tidak bisa makan karena hal tersebut akan mencemarkan nama baik para aparatur negara.

“Jadi peran dari masing-masing aparatur desa didukung aparatur ditingkat kecamatan, Danramil maupun Kapolsek betul-betul mengawasi secara nyata ke bawah,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button