NEWS

Jaringan Kabel Kendor di Pinggir Jalan, Membahayakan Masyarakat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Salah satu instalasi kabel di tengah Kota Pangkalpinang yang melintasi tepat di Jalan Ahmad Yani Nomor 184c, Kelurahan Batin Tikal, Kecamatan Tamansari, terlihat mengendor hingga menjuntai ke bawah dan membahayakan.

Afkur yang mendiami rumah itu, pertama kali mengira kabel itu milik Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan melaporkan kepada pihak PLN atas kabel yang mengganggu aktivitas dan bisa membahayakan orang.

“Tadi pas petugas PLN datang untuk ngecek, mereka bilang itu kabelnya bukan milik PLN, tidak tau punya siapa,” ucap Afkur saat dijumpai di kediamannya pada Jumat, 16 Juli 2021.

Pantauan Lensabangkabelitung.com saat mendatangi dan melihat kondisi dari kabel itu tingginya lebih rendah dari tinggi satu orang dewasa, dikhawatirkan ketika hari sudah malam dan menjadi gelap kabel itu tidak bisa terlihat, dan bisa membahayakan orang jika mengenai kabel itu.

Humas PLN Bangka Belitung Pandu saat dihubungi, juga mengatakan kalau pihaknya sudah melakukan pengecekan di lapangan atas laporan masyarakat. Namun kabel tersebut bukan milik PLN dan tidak mengetahui perusahaan mana yang memiliki kabel itu.

“Petugas sudah cek di lapangan, tapi itu bukan kabel kita, tidak tahu itu kabel punya siapa,” kata Pandu.

Diketahui, sambungan tenaga listrik (STL) melalui saluran udara memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mempunyai ruang bebas hambatan dan jarak aman untuk mencegah kecelakaan dan menjaga keselamatan masyarakat.

Kasus kali ini yang berada di halaman penduduk dalam SOP-nya harus memiliki jarak empat meter dari tanah agar tidak membahayakan masyarakat.

Penulis: Louis BY

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button