NEWS

Bandit dengan 21 Laporan Polisi Ditangkap Jatanras Polda Babel, Residivis Pembobol Kantor BPOM

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Anggota Tim Subdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Bangka Belitung berhasil menangkap Jaya Aspan alias Yayat yang merupakan pelaku pencurian yang sudah meresahkan dengan serangkaian aksi kejahatannya di Pulau Bangka.

Tidak tanggung-tanggung, nama Yayat yang tinggal di rumah kontrakan di Desa Benteng Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah itu ada dalam 21 Laporan Polisi (LP) setelah dilaporkan oleh para korbannya. Yayat sendiri sudah tiga kali menjadi residivis kasus pencurian. Terakhir pada 2017 Yayat divonis 2,5 tahun penjara karena membobol brankas milik Kantor Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Maladi mengatakan Yayat Ditangkap bersama dengan satu orang rekannya di waktu dan tempat berbeda.

“Kepolisian mengamankan dua orang pelaku pencurian berinisial JA dan HI. JA diamankan Sabtu 10 Juli 2021 sekitar pukul 17.30 WIB di Desa Benteng. Tersangka HI diamankan Minggu 11 Juli 2021 sekitar pukul 06.00 WIB di Sungailiat. Keduanya dikenal sebagai spesialis pembobol brangkas,” ujar Maladi dalam siaran persnya kepada wartawan, Senin, 12 Juli 2021.

Untuk tersangka JA, kata Maladi, adalah residivis yang dengan tindak pidana yang sama dan telah tiga kali keluar masuk penjara. Bahkan aksinya, dikatakan Maladi, menyebar mulai dari Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah hingga Kabupaten Bangka Selatan.

“Usai ditangkap, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya satu buah linggis, satu buah obeng min, tiga buah kunci L yang ujungnya dipipihkan dan satu buah tangkai kunci yang ujungnya juga sudah dipipihkan,” ujar dia.

Maladi menambahkan saat ini kedua pelaku beserta sejumlah barang bukti sudah diamankan di Mapolda Bangka Belitung guna penyidikan lebih lanjut.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button