BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Anak Dengan Gangguan Jiwa Diduga Jadi Penyebab Kebakaran di Dusun Serdang Jelutung

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Peristiwa kebakaran hemat yang meludeskan belasan rumah warga di Dusun Serdang Desa Jelutung II Kecamatan Simpang Rimba pada Kamis dini hari 29 Juli 2021 diduga disebabkan oleh dua orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang bermain api.

Kapolsek Simpang Rimba, AKP Ekhard Rustam seizin Kapolres Bangka Selatan, AKBP Joko Isnawan mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan penyebab kebakaran yang menghanguskan belasan rumah warga di Dusun Serdang diketahui api yang berasal dari rumah salah satu warga yakni Selebi.

“Api ini berasal berasal dari rumah Selebi, dimana pada saat kejadian kejadian anak dari Selebi yakni Senin dan Selasa memainkan api di rumahnya tidak lama kemudian api cepat merembet ke rumah warga lainnya yang menyebabkan 16 rumah dan dua gedung walet ikut terbakar,” kata Ekhard, Kamis, 29 Juli 2021.

Ia menuturkan, kebakaran tersebut lambat dipadamkan dikarenakan kondisi rumah warga merupakan rumah panggung yang terbuat dari kayu sehingga menyulitkan masyarakat untuk memadamkan api. Api baru berhasil dipadamkan oleh sekitar pukul 05.00 WIB dengan menggunakan alat mesin air. 

“Atas kejadian tersebut total kerugian materil sebesar kurang lebih Rp 1 M. Namun dalam kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa,” ujar dia.

Ekhard mengungkapkan, dari hasil keterangan salah satu warga Yanto bahwa pada saat kejadian orang tua dari Senin dan Selasa sedang tidak berada di rumahnya melainkan sedang bepergian ke kota Palembang sehingga tidak adanya pengawasan terhadap kedua anaknya Senin dan Selasa yang merupakan ODGJ.

“Kebakaran tersebut terjadi diduga karena adanya kelalaian dari Selebi yang tidak mengawasi kedua anaknya Senin dan Selasa yang mengalami gangguan jiwa,” ujar dia.

Adapun pemilik rumah yang terbakar yakni milik Eli, Dul, Selebi, Tilan, Udin/Mayani, Doding, Hendri, Semele, Ernal, Indra, Man, Cik, Katak, Sukamto, Sudin dan rumah kosong. Sedang dua gedung walet yang ikut terbakar yakni milik Sarudin dan Jahar.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button