NEWS

Siswa SMP Islam Smart Pangkalpinang Ikut Qur’an Camp Fun di Asrama Haji

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 37 siswa dan siswi SMP Islam Smart (SMP-IS) Pangkalpinang dari kelas 7 dan 8, mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) bertajuk Qur’an Camp Fun (QCF), di Asrama Haji milik Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Jum’at dan Sabtu (25-26 Juni 2021), dibimbing para guru dan pemateri dari alumni Universitas Islam Madinah, Ustadz Ahmad Bastari LC.

Salah seorang panitia yang juga pengajar di SMP-IS Pangkalpinang, Ustadz Pipen, menjelaskan Mabit dibuka Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Babel, Drs H Abdul Azis, Jumat, 25 Jumi 2021.

Dalam kesempatan itu, kata Pipen, Bimas Islam Kemenag Babel memberikan motivasi kepada para pelajar untuk meningkatkan semangat dalam mendalami Al Qur’an.

Melalui pemahaman Al Qur’an seseorang bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak. Selain itu, kebiasaan dan kemampuan mempelajari Al Qur’an dapat menjadi bekal bagi pelajar yang ingin mengikuti ajang prestasi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ).

Disinggung pelaksanaan Mabit QCF, Pipen menjelaskan bahwa kegiatan tersebut rutin digelar empat kali setahun, guna menambah kedekatan siswa dengan Al Qur’an.

“Tujuannya untuk memperbaiki bacaan siswa, menguatkan hafalan dan menambah hafalan baru,” jelas Ustadz Pipen.

Dia berharap siswa dapat menjaga semangat bersama Al Qur’an sepanjang hidup, dengan hati yang bahagia.

Siswa kelas 7 SMP Islam Smart Pangkalpinang, Kahfi Abdi, mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut.

Selain bisa menambah ilmu tentang Al Qur’an, juga bisa meningkatkan target hapalan.

Sedangkan siswa kelas 8, Ahmad Rifai, mengungkapkan kegiatan kali ini dirasakan berbeda karena dilaksanakan di Asrama Haji yang memiliki fasilitas lengkap. Proses belajar Al Qur’an, ibadah, makan dan istirahat terasa lebih nyaman karena suasana seperti menginap di hotel.

“Seperti menginap di hotel, sehingga lebih nyaman aja. Bagi teman-teman yang gak ikutan rugi banget,” ujarnya.

Kegiatan Mabit QCF dengan tema Happy Living with Qur’an ini diisi berbagai kegiatan, mulai dari shalat fardhu berjamaah, muraja’ah, makan bersama, mengaji Al Qur’an, qiyamullail, muhasabah, olahraga dan menginap semalam.

Setelah kegiatan berakhir para siswa kembali ke rumah dijemput orangtua dan mulai menjalani liburan sekolah usai menerima raport kenaikan kelas.

Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button