NEWS

Pulau Nangka Jadi Lokasi Peringatan Harganas XXVII, Pencegahan Stunting di Babel Belum Maksimal

Lensabangkabelitung.com, Pulau Nangka – Pulau Nangka dipilih sebagai tempat penyelenggaraan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII Tahun 2021 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Peringatan dibuka resmi oleh Inspektur Utama BKKBN, Ari Dwikora Tono beserta dihadiri oleh Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming-Ming, dan Ketua DPRD Babel Herman Suhadi.

“Saat ini, kita sedang menghadapi masalah cukup serius yakni masalah stunting. Sebab angka stunting masih cukup tinggi. Hal ini bisa berdampak terhadap penurunan kualitas generasi penerus,” ungkap Ari Dwikora Tono dalam sambutannya. Kamis, 24 Juni 2021.

Menurutnya, jika masalah stunting dibiarkan sulit mewujudkan generasi yang berkualitas. Sehingga untuk mengatasi itu harus ada intervensi pemerintah, di antaranya dengan melalui hari keluarga nasional ini dapat mencegah stunting.

“Ini menjadi ancaman untuk mewujudkan generasi berkualitas. Mengatasi persoalan ini perlu menyatukan semangat, sehingga dapat bangkit. Peringatan Hari Keluarga ini kita jadikan keluarga keren cegah stunting,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, mengatakan masyarakat secara konsisten mendukung pelaksanaan program keluarga berencana, ia menilai Keluarga Berencana dapat memberikan konseling bagi remaja, sehingga tidak terjadi pernikahan usia dini.

“Hindari pernikahan usia dini, sehingga bisa melahirkan anak berkualitas dan berdaya saing. Dukung juga kegiatan pelayanan KB sejuta akseptor yang dilaunching secara serentak se-Indonesia,” sarannya.

Dalam peringatan Harganas XXVII Tahun 2021 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu pun Ketua DPRD Bangka Belitung memberikan penghargaan kepada Kabupaten Belitung atas terbaik pertama pencapaian 100 persen target KK terdata pada pendataan keluarga tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2021.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button