NEWS

Prodi Jurnalistik IAIN Bangka Belitung Buka Pendaftaran, Kurikulumnya Hasilkan Jurnalis Muda dan Handal

Lensabangkabelitung.com, Bangka – Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS) Bangka Belitung yang memiliki Program Studi (Prodi) Jurnalistik Islam sedang membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa yang tertarik dalam dunia jurnalistik.

IAIN yang sudah menjalankan Prodi Jurnalistik Islam sejak 2019 ini, sudah membuka dua jalur pendaftaran sebelumnya, dan saat ini sedang menjalani pendaftaran jalur prestasi sampai tanggal 25 Juni 2021 nantinya.

Salah satu yang menarik dalam prodi ini, pihak kampus sudah mempersiapkan mata kuliah yang diperlukan oleh mahasiswa untuk menjadi seorang jurnalis sebanyak 144 Satuan Kredit Semester (SKS), mahasiswa bisa lulus dalam tujuh semester.

Sekretaris Program Studi Jurnalistik Islam Rafles Abdi Kusuma menjelaskan, dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jurnalistik Islam ini lebih banyak mengarah pada praktek langsung di lapangan dibanding teori.

“Kalau di IAIN kita kebanyakan praktek, 70 persen praktek dan 30 persen teori, jadi mahasiswa senang dalam proses belajar mengajar,” ujar Rafles.

Prodi yang satu-satunya ada di Bangka Belitung ini menurut Rafles masih kurang diminati, karena kebanyakan orang memilih kuliah di luar Bangka Belitung. Padahal dalam proses belajar mengajar prodi jurnalistik ini memiliki tenaga pengajar dari lulusan kampus ternama.

“Tenaga pengajar kita banyak dari lulusan kampus ternama di Indonesia, dan mereka ramah kepada mahasiswa dalam proses belajar mengajar,” ucap Rafles.

Banyak dari orang tua siswa yang tidak setuju apabila anaknya mengambil jurusan jurnalistik, namun menurut Rafles dalam jurusan jurnalistik ini peluang bekerjanya sangat luas dan banyak yang membutuhkannya.

“Lulusan jurnalistik ini banyak peluang kerjanya, mulai dari jurnalis, reporter, presenter, photo journalist, copywriter, public relations, dan masih banyak lagi,” ujar dia.

Adanya jurusan Jurnalistik Islam ini, Rafles berharap ke depan lulusannya bisa menjadi jurnalis yang handal, profesional, dan taat dengan kaidah Islam, dan bisa mewarnai dunia jurnalistik di Bangka Belitung.

“Semoga nanti lulusan jurnalistik ini bisa bekerja di berbagai perusahaan pers di Bangka Belitung, dan bekerja dengan handal, profesional, dan sesusai dengan kaidah Islam yang kami ajarkan di kampus,” ujar Rafles.

Penulis: Louis BY | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button