BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KRIMINALNEWS

Polisi Tangkap Geng Pencuri di Toboali Yang Masih Dibawah Umur

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bangka Selatan berhasil mengamankan empat orang yang masih dibawah umur yang diduga melakukan tindak pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) yang terjadi di Konter Ferri Cell 2 yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Toboali pada Jumat 11 Juni 202 sekitar pukul 02.00 WIB.

Keempat orang pelaku yang diamankan tersebut yakni K (16 tahun), FN (15 tahun), DP (15 tahun) dan RA (17 tahun) warga Kecamatan Toboali.

Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan, AKP Ghalih Widyo Nugroho menjelaskan, kronologis kejadian awalnya sekitar pukul 08.00 WIB korban Susi diberitahu oleh tukang bangunan yang merenovasi konter miliknya mengatakan konter kembali dibongkar karena sebelumnya sudah pernah terjadi pada hari Minggu tanggal 6 Juni 2021, sekira pukul 02.00 WIB.

“Dari informasi tersebut, pegawai konter langsung melakukan pengecekan dan ternyata ada beberapa barang yang hilang antara lain 1 buah headset m370, headset pung, 3 headset bluotooth, 25 paket internet telkomsel 1,5 b, 50 paket internet telkomsel 2 b, 25 paket internet telkomsel 3 b, yang menyebabkan korban mengalami kerugian Rp. 10.230.000,-,” kata Ghalih kepada wartawan, Sabtu, 12 Juni 2021.

Ia menuturkan polisi yang menerima laporan dari korban langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dari hasil olah TKP didapatkan rekaman CCTV, yang kemudian anggota menganalisa video rekaman tersebut dan menduga identitas salah satu pelaku tersebut adalah saudara K (16 tahun) bersama temannya.

“Dari informasi tersebut kita mencari keberadaan pelaku K dan rekannya. Sekira pukul 15.00 WIB anggota mendapatkan informasi bahwa terduga pelaku pencurian berinisial K sedang berada di pondok Dusun Baner Desa Keposang, kemudian anggota langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku K,” ujar dia.

Ghalih mengungkapkan, dari hasil introgasi terhadap K, dilakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya yang berada pencucian mobil di Jalan Teladan dan berhasil mengamankan 2 orang pelaku. Setelah itu di lakukan pengembangan lagi terhadap salah satu pelaku lainnya di toko sembako di Jalan Ampera Toboali dan berhasil menangkap 1 orang pelaku lagi.

“Dari hasil introgasi terhadap para pelaku, mereka mengakui telah melakukan pencurian dibeberapa yakni, Kotak amal Masjid Al-Munawar di Kampung Padang tanggal 24 Mei 2021, Kotak amal Masjid Nur-Falah Jalan Bukit, Kotak amal Masjid Al-Uswah Jalan Teladan, Kotak amal masjid Al-Fitrah Jalan Teladan AMD, dan Konter Milik Anyuk di Jalan Jend Sudirman (Depan Gudang beras Akim) tanggal 08 Juni 2021. Dari lima TKP ini belum ada LP,” ujar dia.

Ia menambahkan saat ini para pelaku dan barang bukti dibawa ke ruang Satreskrim Polres Bangka Selatan guna dilakukan Penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya para pelaku disangkakan dengan pasal 363 KUHPidana.

“Untuk barang bukti yang diamankan yakni 3 unit headset, 4 voucher paket internet Tri, 2 buah obeng, 1 unit hp merk oppo warna putih, 1 unit hp merk Vivo, 1 unit hp Oppo F11, 1 unit Ho Coolped, dan 1 buah palu yang di temukan di pencucian mobil di Jalan Teladan Toboali tempat para pelaku sering kumpul,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor 3 Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button