BANGKANEWS

Pilkades di Kabupaten Bangka Dianggarkan Rp 1,6 M, 1 Juli 2021 Mulai Tahap Sosialisasi

Lensabangkabelitung.com, Bangka – Sosialisasi Pemelihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bangka mulai dilaksanakan, pada tanggal 1 Juli 2021, mendatang. Seluruh desa akan memulai sosialisasi tahapan pencalonan kepala desa dan pembentukan panitia.

“Kalau untuk sekarang, masih dalam tahapan pembentukan panitia pilkades di tingkat masing – masing desa, nah itu kewenangannya ada di badan permusyawaratab desa (BPD) untuk membentuk panitia,”kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Bangka, Tony Marza kepada Lensabangkabelitung.com. Jumat, 18 Juni 2021.

Secara garis besar, PMD berperan untuk membantu panitia penyelenggara pilkades itu. Ia memastikan, pemilihan kepala desa akan dilaksanakan tanggal 13 Oktober 2021 mendatang, dan dilaksanakan secara serentak di 44 desa di kabupaten bangka.

“Tahapan-tahapannya dari mulai pembentukan panitia, pengemuman pemilih sementara, dan penetapan pemilih tetap. Dan sekarang ini masih persiapan kepanitian,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelaksana pilkades ini telah dianggarkan senilai kurang lebih Rp 1,6 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bangka. Berikutnya, bagi masyarakat dapat memahami pasal 33, Permendagri No 65 Tahun 2017 Tentang Pilkades atau tentang Perubahan Atas Permendagri No 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. Secara spesifik menjelaskan persyaratan administrasi calon kepala desa.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button