BANGKANEWS

Menuju HUT ke-75 Bhayangkara, Polres Bangka Adakan Donor Darah Massal

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Serangkaian kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun ke-75 Bhayangkara, Kepolisian Resort Bangka telah mempersiapkan berbagai kegiatna. Salah satunya, berupa donor darah massal yang dilangsungkan Rabu pagi, 16 Juni 2021 di halaman Mapolres Bangka.

Berdasarkan surat perintah Kapolres Bangka, sekitar 116 anggota Polres Bangka yang terdiri dari polsek-polsek di lingkup Polres Bangka dikerahkan untuk mengikuti kegiatan sosial donor darah tersebut.

Tak hanya anggota Polri, kegiatan yang  dilaksanakan atas kerjasama dengan UDD PMI Bangka ini juga diikuti oleh TNI AL, Kompi Senapan B, dan Satpol PP Bangka.

Sebelumnya, seperti dilaporkan Lensabangkabelitung.com dalam artikel yang berjudul “Setetes Darah adalah Harapan Bagi Mereka yang Membutuhkan” edisi Selasa, 15 Juni 2021, WHO menentukan paling tidak dibutuhkan 2 persen dari populasi penduduk suatu wilayah sebagai pendonor dalam 1 tahun.

Ini berarti, dari sekitar 326.000 penduduk Kabupaten Bangka, paling tidak butuh 500 orang pendonor tiap bulan untuk memenuhi angka 2 persen tersebut. Sedangkan fakta hari ini, pendonor di Kabupaten Bangka bahkan tak menyentuh separuhnya.

Wakapolres Bangka, Komisaris Polisi Robertus Wardhana Utama, dalam sesi wawancara mengatakan kegiatan donor darah massal ini adalah rangkaian dari HUT ke-75 Bhayangkara ke-75 yang akan diperingati pada 1 Juli 2021 mendatang.

Dikatakannya, kegiatan ini juga adalah arahan dari Mabes Polri terkait bentuk-bentuk kegiatan yang dilaksanakan selama HUT Bhayangkara. “Jadi untuk 1 Juli ini penekanannya sendiri dari Wakapolri, kita tetap bisa melaksanakan kegiatan namun tetap tidsk mengabaikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wakapolres mengatakan, untuk target kegiatan kali ini adalah 75 kantong darah sesuai dengan angka HUT ke-75 Bhayangkara.

Dia berharap kegiatan ini bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Seperti pasien kecelakaan, melahirkan dan pasien lain yang perlu tambahan darah untuk tindakan medis.

Penulis: Abdul Roni | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button