BANGKA SELATANNEWS

Komisi III DPRD Basel Dorong Dinas Perhubungan Jadi OPD Tersendiri

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan mendorong Dinas Perhubungan di Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menjadi organisasi perangkat daerah (OPD) tersendiri.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Bangka Selatan, Wendy mengatakan, jika sudah waktunya Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan menjadi OPD tersendiri. Apalagi wilayah Bangka Selatan terdiri dari kepulauan bahkan termasuk wilayah paling besar di antara kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Miris kita terhadap Perhubungan Pemkab kita ini yang masih tergabung sebagai bidang di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan (PUPRHUB). Padahal dukungan dari pemerintah pusat pun sangat banyak tiap tahun di Basel ini. Bahkan tahun ini kita mendapatan dana DAK sekitar Rp 32 miliar untuk bidang perhubungan, merupakan tertinggi se-Babel,” kata Wendy, Minggu 13 Juni 2021.

Sedikit flash back ke belakang, kata Wendy, Peraturan daerah (Perda) perubahan pertama sudah disahkan tahun 2019, akan tetapi ada sedikit perubahan lalu di lakukan perubahan kedua lagi tahun 2020.

“Perda perubahan kedua atas Perda Kabupaten Bangka Selatan No 17 tahun 2016 tentang pembentukan organisasi perangkat telah disahkan 2020, seharusnya tahun 2021 perhubungan sudah menjadi OPD tersendiri,” ujar dia.

Menurut Wendy, hanya Kabupaten Bangka Selatan yang belum memiliki Dinas Perhubungan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bahkan kemarin sewaktu rapat dengan bidang perhubungan, Kabupaten Bangka Selatan pun belum memiliki terminal, mungkin sebagian besar masyarakat tidak tahu, tapi inilah faktanya.

“Kami juga nanti akan mendorong Pemkab Bangka Selatan di tahun depan untuk mengirim PNS kita agar menjalani pendidikan menjadi PPNS, di karenakan di bidang Perhubungan ini, kita belum memiliki PPNS. Marilah kita semua saling bahu membahu untuk membenahi Bangka Selatan kita ini,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, dengan masa jabatan yang singkat ini, diharapakan ada terobosan yang luar biasa dari pemerintahan Riza-Debby ini, karena beban kerja pemerintah sekarang lebih berat dikala pandemi covid 19 belum usai serta porsi anggaran APBD yg semakin berkurang.

Sementara itu, penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Bangka Selatan, Achmad Ansyori mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan siap memekarkan organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai dengan Perda yang telah disahkan.

“Betul, Perda sudah disahkan oleh DPRD tahun 2019. Kita Pemkab siap memekarkan. OPD sesuai dengan Perda. Namun di tengah kondisi keuangan sekarang banyak hal yang harus dihitung ulang mulai dari belanja pegawai,” kata Achmad Ansyori kepada Lensabangkabelitung.com, Minggu, 13 Juni 2021.

Ia menuturkan, terkait dengan pemekaran OPD, akan dibahas di perubahan, karena bukan cuma perhubungan, ada tiga lagi OPD sesuai dengan Perda yang dimaksud.

“Berkenaaan dengan reformasi birokrasi, pejabat struktral esselon 3 dan 4 di beberapa OPD akan dialihkan menjadi pejabat fungsional. Dan nanti akan dibahas di perubahan,” ujar dia.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button