NEWS

Dana PON Rp 12,5 Miliar Tinggal Pencairan, Atlet Babel Segera Jalani Pelatda Terpusat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera memulai Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) terpusat bagi atlet yang akan berlaga di PON XX Papua.

Setelah tarik ulur kepastian dana keikutsertaan Bangka Belitung di PON karena refocusing anggaran, kini sudah diputuskan bahwa alokasi anggaran sudah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua KONI Bangka Belitung Elfandi mengatakan anggaran untuk atlet mengikuti PON Papua sudah mendapat kepastian dengan penetapan sebesar Rp 12,5 miliar.

“Baru diputuskan minggu kemarin. Sudah ada kepastian. Sekarang cuma menunggu pencairan saja,” ujar Elfandi kepada Lensabangkabelitung.com, Rabu, 2 Juni 2021.

Seiring menunggu pencairan anggaran, kata Elfandi, atlet dan pelatih saat ini masih melakukan pelatda mandiri. Jika dana sudah cair, kata dia, direncanakan pada akhir Juni akan masuk dalam pelatda terpusat.

“Rencananya juga pada minggu kedua bulan Juni ini ada tes parameter komprehensif. Yang mengukur dan menganalisa serta advice kita dibantu oleh DR Ambar dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ),” ujar dia.

Meski anggaran sudah dipastikan, Elfandi menegaskan bahwa KONI Bangka Belitung belum bisa mengakomodir usulan Pengprov cabang olahraga yang meminta adanya training center (TC) atlet di luar daerah.

“Memang ada usulan TC keluar daerah. Sementara belum kami akomodir kecuali atlet level satu atau atlet yang berpotensi meraih medali emas. Namun kami berencana akan memberi kesempatan uji coba bagi setiap cabor,” ujar dia.

Ditambahkan Elfandi, untuk kesiapan saat tiba di Papua nanti juga tidak ada persoalan karena semua sudah diatur oleh tuan rumah berdasarkan Chief De Mission Meeting.

“Pengaturannya nanti atlet per klaster cabang olahraga. Bukan per kontingen. Misalkan atlet atletik se-Indonesia itu satu hotel. Soal kuota dan lainnya diatur tuan rumah. Untuk hotel tambahan pun tidak boleh cari sendiri melainkan harus melalui panitia besar PON,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button