BANGKA SELATANNEWS

Buka Pelatihan Jurnalistik Tingkat SLTA, Bupati Mengapreasiasi PWI dan Pokja Basel

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Kelompok Kerja Jurnalis Bangka Selatan menggelar pelatihan jurnalistik kepada siswa/siswi tingkat SLTA yang ada di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Kegiata. Berlangsung Kamis 24 Juni 2021 di gedung Gunung Namak Pemkab Bangka Selatan.

Kegiatan yang diikuti 22 peserta dari empat sekolah tingkat SLTA yang ada di Kecamatan Toboali ini, dibuka langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid.

Riza Herdavid mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik kepada siswa yang dilakukan oleh PWI dan Pokja Jurnalis Bangka Selatan dalam membantu dan ikut pemerintah daerah mendidik generasi penerus di Kabupaten Bangka Selatan.

“Mudah-mudahan semangat dan dunganan dari kawan-kawan jurnalis dalam membantu pemerintah daerah bisa bermanfaat bagi masyarakat Bangka Selatan. Dan kami dari pemerintah daerah sangat mendukung apa yang dilakukan oleh kawan-kawan jurnalis,” kata Riza saat membuka pelatihan Jurnalistik, Kamis 24 Juni 2021.

Selain itu, Riza juga mengapreasisi kegiatan lomba menulis cerita rakyat tingkat SLTP se-kabupaten Bangka Selatan yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Bangka Selatan. Sehingga potensi dari generasi penerus di Bangka Selatan bisa muncul.

“Kegiatan lomba jurnalistik ini tentu memunculkan potensi anak-anak didik kita dalam menulis. Dan semoga kegiatan seperti ini kedepannya terus dilakukan agar potensi anak dalam menulis bisa terus tumbuh,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bangka Selatan juga memberikan hadiah tambahan berupa bonus 1 juta perorang kepada tiga pemenang lomba menulis cerita rakyat yang dilakukan oleh PWI dan Pokja Jurnalis Basel.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Sumadi mengatakan kegiatan pelatihan jurnalistik merupakan hal yang sangat baik di dunia pendidikan sesuai arahan Mendikbud bahwa ada dua hal yang perlu di tanamkan pada pelajar salah satunya literasi.

“Satu hal yang sangat baik dilakukan Pokja terkait dengan literasi. Dan ini menjadi meningkatkan literasi di sekolah. Untuk itu mari kita kembangkan dan kita tularkan virus literasi ini kepada semua siswa,” ujar dia.

Ia menambahkan, terkait dengan hasil lomba menulis tingkat SLTP se-kabupaten Bangka Selatan akan membukukan hasil karya tulis anak yang dilombakan.

“Nanti karya tulis akan kita bukukan, dan akan kita sebarkan ke perpustakaan daerah, serta perpustakaan sekolah. Agar semangat anak-anak bisa lebih giat dan bersemangat lagi dalam menulis,” ujar dia.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button