BANGKA SELATANNEWS

Besok, Sekolah di Basel Akan Mulai Menerima Siswa Baru Tahun Ajaran 2021/2022

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 jenjang SMA/SMK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dimulai besok Rabu 10 Juni 2021.

Kepala SMA Negeri 1 Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Aspandi mengatakan, penerimaan peserta didik baru (PPDB) sesuai dengan Pergub dan juknis dari kepada Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung untuk tahap satu jalur prestasi dan afirmasi dimulai tanggal 10-14 Juni 2021.

“Untuk PPDB SMA Negeri 1 Toboali ada empat jalur yakni jalur prestasi, afirmasi, zonasi, dan juga mutasi. Untuk tahap satu jalur prestasi dan afirmasi pendaftarannya di mulai besok Rabu 10, 11, dan 14 Juni 2021. Dan untuk tahap dua jalur Zonasi dan mutasi dibuka mulai tanggal 21 sampai dengan 23 Juni 2021,” kata Aspandi kepada wartawan, Rabu 9 Juni 2021.

Ia menuturkan, untuk teknis pendaftaran calon peserta didik baru dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://lpmpbabel.id/PPDB/dindikbabel/, dengan mengunggah data sesuai dengan jalur yang dipilih oleh calon peserta didik baru.

“Nanti calon peserta didik baru ini bisa mendaftar secara online dengan mengunggah data sesuai dengan jalur yang dipilih. Setelah itu mereka mencetak bukti pendaftaran melalui online tadi dan diserahkan ke sekolah. Selanjutnya sekolah akan memverifikasi hasil pendaftaran online tadi,” ujar dia.

Aspandi mengungkapkan, kuota PPDB di SMA Negeri 1 Toboali sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan sebanyak 288 siswa dengan rincian sembilan 9 kelas dengan  setiap kelas 32 siswa.

Sedangkan untuk rincian pembagian zona-zona sesuai dengan jalur yang ditetapkan, lanjut Aspandi, untuk zonasi maksimal 60 persen kurang lebih 173 siswa, untuk jalur afirmasi 20 persen, untuk prestasi 15 persen dengan rincian 10 persen yang didalam zona dan lima persen di luar zona. Dan untuk mutasi sendiri 5 persen dari kuota 288.

“Untuk di SMA Negeri 1 Toboali yang masuk zonasi itu sesuai dengan di juknis yakni Kelurahan Toboali, Kelurahan Teladan, Kelurahan Gadung, dan Kelurahan Ketapang. Dan untuk Desa Gadung, sebagian zonanya bisa ke SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Toboali. Kemudian termasuk untuk kelurahan Teladan dan Ketapang bisa masuk zona SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Toboali,” ujar dia.

Sementara untuk pengumuman, Aspandi mengatakan, untuk pemberkasan tahap satu jalur Afirmasi dan Prestasi pemberkasan 10,11, 14, dan 15 Juni, pengumumannya tanggal 18 Juni, dan daftar ulangnya 30 Juni sampai 5 Juli 2021.

“Untuk tahap dua jalur Zonasi dan Mutasi pemberkasannya tanggal 21-24 Juni dan pengumumannya tanggal 29 Juni, dan daftar ulang 30 Juni sampai 5 Juli 2021,” ujar dia.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button