BANGKA TENGAHNEWS

Cuti Pilkada, Biaya Pengobatan Ibnu Saleh Tidak Ditanggung Pemkab Bangka Tengah

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Calon Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT) akibat sakit yang dideritanya. Sebagai calon berlatar belakang petahana, beragam komentar pun muncul terkait pembiayaan pengobatan Ibnu selama perawatan.

Pelaksana Tugas Bupati Bangka Tengah Yulianto Satin mengatakan biaya perawatan Ibnu Saleh tidak didanai oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, mengingat cuti saat maju pilkada adalah cuti diluar tanggungan negara.

“Kalau ada kabar pemda yang mendanai, saya pastikan tidak benar. Tidak ditanggung karena beliau sedang menjalani cuti diluar tanggungan negara. Jadi biaya ditanggung oleh beliau sendiri,” ujar Yulianto kepada Lensabangkabelitung.com, Senin Malam, 28 September 2020.

Menurut Yulianto, biaya pengobatan dan perawatan Ibnu sudah dicover oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Meski begitu, Yulianto tidak menampik jika Dinas Kesehatan tetap melakukan pemantauan terkait kondisi kesehatan Ibnu.

“Meski sedang cuti, beliau tetap pemimpin kami di Bangka Tengah. Kita sudah instruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk terus memantau kondisi perkembangan beliau,” ujar dia.

Yulianto menuturkan bahwa pihaknya sudah menjenguk Ibnu ke Rumah Sakit di Pangkalpinang hari ini, dan sudah ada kabar baik terkait kondisi kesehatan Ibnu.

“Alhamdulillah beliau semakin baik dan kondisinya stabil. Dokter meminta agar beliau istirahat untuk beberapa hari kedepan. Tidak ada yang krusial. Beliau hanya kelelahan mengingat padatnya kegiatan beberapa bulan terakhir ini,” ujar dia.

Yulianto menambahkan saat ini roda pemerintahan di Kabupaten Bangka Tengah tetap berjalan normal meski saat ini Ibnu sedang cuti karena maju di Pilkada. Semua program baik yang belum berjalan, sedang berjalan dan sudah berjalan sesuai dengan yang sudah dicanangkan.

“Roda pemerintahan di Bangka Tengah sudah autopilot dengan segala SOP sudah ada. Jadi tinggal kami melanjutkan saja. Tidak ada yang krusial. Pembahasan APBD sudah selesai dirumuskan oleh TAPD. Tinggal menunggu jadwal pembahasan di DPRD. Sesuai ketentuan, incunbent yang akan cuti diwajibkan menyelesaikan rumusan angaran sebelum cuti,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button