BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Bangka Selatan Jadi Daerah Dengan Angka Kematian Pasien Covid-19 Tertinggi di Babel

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Kasus angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi.

“Angka kematian kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 26 kasus dari 1131 kasus Covid-19, jadi kalau dipersentase sekitar 2,3 persen,” kata Supriyadi kepada wartawan, Senin, 21 Juni 2021.

Ia menuturkan, penyebab kematian memang bukan murni disebabkan virus Covid-19. Namun pasien Covid-19 yang meninggal dunia mempunyai komorbit atau penyakit penyerta.

“Rata-rata yang meninggal ini punya komorbit, tidak Covid sebagai penyebab tunggal sampai sekarang belum ada. Rata-rata yang sudah meninggal itu memang ada riwayat penyakit sebelumnya ada penyakit penyerta,” ujar dia.

Supriyadi mengungkapkan, jumlah kasus Covid-19 di Bangka Selatan sedikit namun angka kasus kematian Covid-19 tinggi dengan jumlah kasus kematian sebanyak 26 kasus dengan persentase 2,3 persen. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus, karena kasus kematian provinsi hanya 1,5 persen.

“Untuk saat ini jumlah kasus Covid-19 di Bangka Selatan sebanyak 1131 kasus dengan rincian 48 orang masih dalam perawatan yang tersebar di beberapa kecamatan, 26 meninggal dunia dan sisanya sembuh,” ujar dia.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak kendor dan terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan tetap memakai masker saat beraktivitas diluar rumah, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button