BELITUNGNEWS

Bangka Belitung Dapat Kucuran Rp10 Miliar dari BGRM untuk Rehabilitasi Mangrove

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Pemerintah melalui Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BGRM) telah mwngucurkan dana Rp10 miliar kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dana tersebut bertujuan merehabilitasi kawasan aliran sungai yang ada di Pulau Bangka dan Belitung lewat Program Rehabilitas Mangrove.

Dengan adanya kucuran dana berjumlah besar itu, diharapkan dapat memberi dampak yang baik bagi masyarakat dan alam sekitar.

Kepala Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Baturusa Cerucuk, Tekstianto menjelaskan sumber dana rehabilitas tersebut dari Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

Ditunjuk oleh negara sebagai pelaksana, dirinya telah bekerjasama dengan Pemerintah, kelompok pecinta alam, dan masyarakat sekitar untuk menyukseskan program rehabilitasi mangrove.

“Yang kami harapkan bukan hanya menanam saja. Tapi juga pengembangannya, agar dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam jangka panjang,” kata dia saat Penanaman Perdana Percepatan Rehabilitas Mangrove se – Kabupaten Belitung di Dusun Iler, Desa Bantan, Kecamatan Membalong, Sabtu, 12 Juni 2021.

Dalam penanamaman perdana turut dihadir Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. Menurutnya terkait dengan dikembangkan lahan mangrove, agar tidak hanya merestorasi alam, akan tetapi juga dapat memberikan manfaat ekonomi.

“Dulu ketika jaga hutan, kita tidak mendapatkan hasil. Sekarang, tidak ada tawaran, kita harus menjaga hutan sekaligus mendapatkan hasil dari hutan yang kita kelola,” terangnya.

Erzaldi menegaskan, program ini harus berkelanjutan, jangan sampai berhenti dalam satu tahun. Sehingga kedepannya memberikan manfaat banyak bagi alam dan ekonomi masyarakat dalam waktu jangka panjang.

Penulis: Mohammad Rahmadhani

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button