LENSA POLITIKNEWS

Amri Cahyadi Dukung Penyetaraan Jabatan ASN Pemprov Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Amri Cahyadi mendukung adanya rencana penyetaraan jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) Bangka Belitung dari struktural ke fungsional melalui Kementarian Dalam Negeri dan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Kita telah menetapkan bersama oleh DPRD dengan pemerintah. Sebetulnya, DPRD sudah merekomendasikan jauh-jauh hari pada saat tidak lama itu dipisahkan. Namun, mungkin karena Bapak Gubernur (Erzaldi Rosman) banyak pertimbangan, dan gubernur bisa melaksanakan itu dua minggu yang lalu,” tutur Amri Cahyadi, Senin, 21 Juni 2021.

Tercatat sebanyak 5.463 ASN di Pemprov Babel akan disederhanakan sesuai kompetensi masing-masing. Dari data ASN itu, sambung Amri, diharapkan dapat bekerja lebih efektif dan efesien.

“Oleh karena itu, kita mengapresiasikan dan ini juga mempertimbangkan kondisi keuangan daerah dimana erjadi penurunan pendapatan daerah. Kemudian juga berdasarkan rekomendasi Komisioner Aparatur Sipil Negara (KASN) agar terjadinya perampingan ini bisa mendapatkan efesiensi dan efektivitas kerja di lembaga pemerintah daerah kita,” tuturnya lebih lanjut.

Adapun untuk penentuan personalia ASN yang akan menduduki jabatan yang baru. DPRD Babel melalui Wakil Ketua DPRD Babel itu menyerahkan kewenangan sepenuhnya kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman. Sebab, gubernur selain memiliki hak prerogatif,juga memiliki staf ahli bersama Badan Kepagawaian Daerah (BKD) untuk menganalisis personalia yang berkompeten sesuai pendidikan.

“Nah, kalau untuk menyangkut person yang diamanahkan, pastinya DPRD menyerahkan kewenangan kepada Gubernur. Gubernur punya hak priogratif untuk menentukan. Dan Gubernur sudah memiliki staf dan sudah dikaji, informasinya tidak ada yang dinon-job,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia juga mengucapkan selamat kepada ASN yang baru saja mendapatkan tanggungjawab baru. Baik yang sudah dilantik dan yang belum dilantik. Ia mengharapkan, ASN dapat menunjukkan kinerja dan kedisiplinan.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button