BANGKALENSA POLITIKNEWS

Amri Cahyadi Apresiasi Pemdes Riau Silip yang Sukses Mengelola Dana Desa

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Amri Cahyadi apresiasi Pemerintah Desa Riau Silip, Kabupaten Bangka yang sukses mengelola dan mengoptimalkan dana desa untuk kebutuhan masyarakat setempat.

“Salah satu manfaat penting dana desa itu adalah pemerintah mampu mengelola dana desa yang peruntukannya untuk kebutuhan masyarakat desa, seperti yang dicontohkan oleh Pemdes Desa Riau Silip, kecamatan Riau Silip yang menganggarkan pengadaan mobil ambulans desa,” ujar Bang Amri Cahyadi sapaan akrab politisi PPP Bangka Belitung itu, Selasa, 15 Juni 2021.

Pengadaan mobil ambulans desa itu, sambung Amri, sangat multifungsi, selain antar jemput pasien dari desa setempat, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat, misalnya dari sisi akomodasi dan operasional secara gratis.

“Semua pembiayaan dan operasionalnya secara gratis, semua itu ditanggung oleh operasional dana desa. Tidak hanya itu, semua aktivitas pemanfaatannya tercatat dengan rapi dan lengkap sehingga pertanggung jawabannyapun jelas,” terangnya.

Lebih lanjut, ia pun mengusulkan nilai lebih bagi desa yang berhasil mengelola dana desa yang dikatagorikan bermanfaat banyak. Adapun usulannya itu ialah berbentuk penghargaan dalam bentuk Dana Bantuan (DABA) Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

“Kita akan mengusulkan pemberian reward berupa insenstif DABA kepada desa-desa yang dipandang sukses dalam pengelolaan dana desa, yang pemanfaatannya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat desa, supaya hal ini bisa memacu semangat desa untuk terus berupaya mensejahterakan masyarakat,” ujar Amri.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button