LENSA POLITIKNEWS

Alokasi Beasiswa 2021 Diprediksi Menurun, DPRD Babel Minta Disdik Prioritaskan Mahasiswa UBB

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Jumlah besaran dana yang dialokasikan untuk program beasiswa Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di tahun 2021 diprediksi akan mengalami penurunan. Hal ini terjadi sebagai imbas dari keterbatasan anggaran, karena sebagian besar anggaran dialokasikan dalam penanganan Covid-19.

Dengan berkurangnya jumlah alokasi dana, dipastikan jumlah mahasiswa bakal penerima beasiswa dari Pemprov Babel juga akan menurun.

“Hingga saat ini sudah 143 mahasiswa yang mengikuti program beasiswa dari Provinisi Babel ini. Jumlahnya menurun tiap tahun dikarenakan keterbatasan anggaran, tidak hanya untuk UBB, tetapi kampus lain juga berpengaruh,” ungkap Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, Saipul Bahkari baru-baru ini dalam acara kunjungan bersama DPRD Bangka Belitung ke Universitas Bangka Belitung.

Anggota Komisi IV DPRD Bangka Belitung, Ranto Sendhu menyampaikan keprihatinannya pada kondisi saat ini. Dikhawatirkannya, minat pendidikan di Bangka Belitung menurun. Hasil analisisnya menunjukkan faktor ekonomi masih menjadi kendala utama.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Pendidikan merupakan hal penting yang harus kita dukung semaksimal mungkin. Entah rendahnya minat ini karena faktor ekonomi atau lainnya, itu harus kita cari tahu,” ujar dia.

Dalam kunjungan itu, bersama dengan anggota Komisi IV DPRD Babel lainnya, di antaranya yaitu Dody Kusdian, Marsidi, Harianto, dan Toni Mukti, menyampaikan bahwa DPRD Babel ingin berbagi informasi mengenai program beasiswa dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk mahasiswa UBB.

“Kami hadir di sini salah satunya untuk sharing terkait program beasiswa dari Pemprov bagi mahasiswa UBB,” ujar Ranto.

Adapun penerima beasiswa dari Pemprov Babel secara khusus kepada mahasiswa UBB, secara rinci di 2019 terdapat 30 mahasiswa, 2020 sebanyak 26 mahasiswa. Namun beasiswa dimaksud hanya untuk membebaskan tanggungan SPP. Khusus untuk 2021, tahun ini belum tersedia.

Komisi IV DPRD Babel berharap Dinas Pendidikan dapat memprioritaskan dan meningkatkan jumlah beasiswa tersebut. Dalam hal ini, lembaga legislatif tertinggi di Bangka Beitung itu akan mendukung anggaran pendidikan secara massif.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button