BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KRIMINALNEWS

Tiga Minggu Imbauan Polisi Tidak Dianggap, Penambang TI Tungau Sukadamai Ditertibkan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Kepolisian Resor (Polres) Bangka Selatan bersama dengan Polda Bangka Belitung melakukan penertiban terhadap ponton tambang inkonvensional (TI) jenis tungau yang ada di perairan laut Sukadamai dan sekitar, Kamis, 27 Mei 2021.

Kabag Ops Polres Bangka Selatan, AKP Surtan Sitorus mengatakan penertiban terhadap ponton TI Tungau yang beroperasi di perairan laut Sukadamai dan sekitarnya merupakan ending dari sosialisasi dan himbauan yang telah disampaikan kepada para penambang untuk tidak melakukan aktivitas penambangan.

“Hari ini kita melakukan penertiban ponton TI Tungau yang tidak mengindahkan himbauan yang telah kita sampaikan. Namun kita masih memberi batas waktu kepada pemilik ponton untuk membongkar sendiri ponton miliknya sampai dengan pukul 18.00 WIB,” kata Sitorus kepada wartawan, Kamis, 27 Mei 2021. 

Ia menuturkan, pihaknya akan mengawasi pembongkaran ponton oleh pemiliknya sampai dengan selesai. Untuk itu, Ia meminta kepada pemilik ponton untuk segera membongkar ponton sampai dengan batas waktu yang diberikan.

“Silahkan dibongkar, jika tidak kita nanti malam sampai dengan besok akan mengamankan ponton tungau ini ke laut Nek Aji yang merupakan daerah pengamanan barang bukti kita, supaya mereka tidak lagi melakukan aktivitas penambangan, karena sudah tiga Minggu kita himbau namun tidak diindahkan, sehingga kita lakukan penertiban,” ujar dia.

Sitorus menambahkan dalam penertiban yang dilakukan pihaknya mengerahkan 88 personel Polda Babel, 90 personel Polres Bangka Selatan, Brimob 11 personel dan Sabara 31 personel.

“Penertiban ini dilakukan karena aktivitas TI tungau ini tidak ada izin, kita tetap sesuai dengan asas legalitas, ketika ada regulasinya mengizinkan untuk menambang bisa melakukan penambangan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button