BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Targetkan Distribusi Tepat Sasaran, Pembelian LPG di Bangka Selatan Pakai Kartu Kendali

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan sosialisasi pendistribusian LPG subsidi ukuran 3 Kg melalui LPG Gas Card (Kartu Brizzi) kepada para agen pangkalan gas LPG 3 kilogram.

Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi mengatakan sosialisasi kartu brizzi atau kartu kendali pendistribusian gas LPG subsidi 3 kg diberikan kepada 180 agen pangkalan di Kabupaten Bangka Selatan.

“Hari ini kita bekerjasama dengan pihak bank BRI melakukan sosialisasi pendistribusian gas LPG menggunakan kartu atau card brizzi yang selama ini gas LGS menggunakan kupon, yang menjadi suatu masalah yang rumit yang menyebabkan kelangkaan gas di masyarakat,” kata Debby kepada wartawan, Selasa, 25 Mei 2021.

Ia menuturkan, dengan adanya kartu brizzi atau kartu kendali gas LPG, menjadi solusi terbaik yang dipercayakan kepada BRI, pendistribusian gas LPG akan menjadi lebih baik dan tepat sasaran.

“Ini menjadi solusi terbaik untuk meminimalisir supaya tidak terjadi kelangkaan gas LPG, sehingga pendistrisian sesuai sasaran, penerima susuai sasaran. Untuk itu kepada para agen penyalur kita minta untuk bertanggungjawab dengan sistem baru ini untuk diterapkan sesuai dengan prosedur,” ujar dia.

Debby mengungkapkan, untuk pendataan pemegang kartu brizzi tersebut, pihaknya akan melibatkan pemerintah daerah agar data penerima kartu brizzi betul-betul valid.

“Pendataan tetap kita libatkan pemerintah daerah kita, harus validkan data yang update dan tidak update kita evaluasi kita cocokan di kecamatan, baru nanti kita kirimkan ke provinsi,” ujar dia.

Sementara itu, Pimpinan cabang pembantu BRI Toboali, Hydrawan Yuli Putra mengatakan, teknis di dalam kartu brizzi akan menggunakan nomor induk penduduk yang setiap penerima kartu brizzi sesuai dengan data yang diberikan oleh pemerintah yang berhak menerima kepada BRI.

“Kartu ini berfungsi sebagai kartu pengendali pendistribusian LPG subsidi 3 kg kepada msyarakat yang berhak menerimanya. Untuk penerapan sendiri kita menunggu dari gubernur dan pemerintah. Dan ini akan kita percepat, pada tanggal tujuh nanti akan diadakan rapat kembali,” ujar dia.

Ia menuturkan, bagi masyarakat yang tidak terdata, maka tidak akan mendapatkan kartu brizzi. Hal itu sesuai dengan data yang nantinya diberikan oleh pemerintah kepada BRI.

“Kita BRI hanya membagikan kartu sesuai dengan data yang diberikan kepada kami. Dan untuk pendataannya melalui desa, kecamatan dan ke pemerintah daerah. Kalau tidak terdata berarti tidak akan dapat,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button