BANGKA BARATLENSA KRIMINALNEWS

Seorang Awak Kapal Tertangkap Bawa Senjata Api Rakitan di Perairan Bangka Barat

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Satu orang Anak Buah Kapal (ABK) Tugboat Fortuna Lima ditangkap oleh Sat Polair Polres Bangka Barat setelah ketahuan membawa satu pucuk senjata api rakitan jenis revolver di perairan yang masuk ke dalam wilayah hukum Kabupaten Bangka Barat.

Sat Polair Bangka Barat mendapatkan AB, Kepala Kamar Mesin (KKM) kapal tugboat ber-KTP Sulawesi Selatan tersebut dari hasil patroli yang dipimpin langsung oleh AKP Candra Wijaya pada pukul 10.15 pagi, Senin, 24 Mei 2021.

“Jadi kami melaksanakan patroli rutin di perairan Selat Bangka, wilayah hukum Bangka Barat, terus kami menemukan kapal tugbot bermuatan kayu, kapal tugbot Fortuna Lima, terus kami seperti biasa melakukan pemeriksaan dokumen, cuma dari gerak-gerik kok ada yang mencurigakan, sebelumnya memang kami sudah sering dengar kalau ada kapal tugboat yang ABK-nya suka bawa senpi, di situ kok ada yang mencurigakan, kebetulan aku yang memimpin patroli, lalu langsung kami tanya-tanya dan geledah di situ,” kata Kasat Polair Bangka Barat, AKP Candra Wijaya.

“Ternyata di lemari baju di dekat tempat tidur dia, ditemukan ada senpi rakitan jenis revolver, dengan 8 butir amunisi, berdasarkan pengakuan 2 butir sudah digunakan, tinggal 6 yang masih aktif,” tambahnya.

AKP Candra mengatakan, motif tersangka membawa senjata api saat bertugas di kapal tugboat untuk menjaga diri dari situasi di laut yang dinilai AB banyak terdapat perompak. Selain itu, AB juga dikatakan mengaku membeli senjata api tersebut dari seorang nelayan asal Palembang dengan harga Rp2,5 juta.

“Tersangka tidak punya izin membawa senpi dan ilegal kepemilikannya, karena senjatanya rakitan, bukan senjata resmi, yang jelas kalau membawa senjata api itu harus dilengkapi izin resmi dan harus standar, ini kan rakitan yang sudah pasti tidak berizin, berbahaya bagi yang punya, penanggungjawab kapal dari Kapten tidak tahu ulah anak buahnya seperti itu, dan ini kepemilikan pribadi,” tutur AKP Candra Wijaya.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button