BANGKANEWS

Sebanyak 524 Calon Mahasiswa Ikut Uji Coba UM PTKIN di IAIN SAS Babel

Lensabangkabelitung.com, Petaling – Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN-SAS Babel) menyelenggarakan uji coba Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Uji coba itu dilaksanakan sslama dua hari, 17 – 19 Mei 2021 secara daring.

Dilansir dari laman resmi Kemenag.go.id Rabu, 19 Mei 2021, Koordinator Pokja Kesekretariatan Panitia Nasional SPAN, Rosihon Anwar mengatakan Ujian SSE sesungguhnya akan berlangsung pada 24 – 29 Mei 2021 mendatang.

Masih dalam laman tersebut, dikatakannya bahwa penggunaan SSE (Sistem Seleksi Elektronik) adalah upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 di lingkungan kampus, karena peserta bisa ujian secara online dari rumah masing-masing.

Mega Paraiyannie, Humas IAIN SAS Babel kepada wartawan mengatakan pada hari, Rabu, 19 Mei 2021, sebanyak 524 peserta telah melaksanakan uji coba UM-PTKIN yang dilaksanakan dalam tiga sesi. Sesi pertama pukul 07.20 sampai 09.20, sesi kedua pukul 10.50 sampai 12.50, terakhir sesi ketiga pukul 13.50 sampai 15.50 WIB.

Dikatakannya kegiatan UM PTKIN ini dilaksanakan mengacu kepada PMA (Peraturan Menteri Agama) Nonor  74 Tahun 2015 tentang PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) program Sarjana di PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) yang dilaksanakan oleh Panitia Nasional SPAN serentak pada tanggal 24 – 29 Mei 2021 mendatang.

“Jadi dalam pelaksaan uji coba ini selain untuk mengetahui bug (error) pada SSE juga diharapkan calon mahasiswa bisa lebih familiar dengan SSE ini pada saat UM sesungguhnya senin pekan depan, 24-29 Mei 2021, sehingga memudahkan calon mahasiswa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh panitia seleksi,” kata Mega.

Tahun ini IAIN SAS Babel menerima seluruh calon mahasiswa lulusan SMU sederajat angkatan 2019 – 2021 setelah mengisi form pendaftaran di website resmi UM PTKIN dan membayar uang pendaftaran sebesar 200 ribu rupiah yang langsung ditransfer ke rekening resmi Pansel Nasional.

Sementara itu, Mega juga menginformasikan bagi mereka yang tidak sempat mendaftar UM-PTKIN, IAIN SAS Babel telah menyediakan jalur mandiri yang juga sudah dibuka pada tanggal 3 Mei 2021 kemarin sampai tanggal 25 Juni 2021 mendatang.

“Jadi setelah UM PTKIN juga ada jalur mandiri bagi yang belum sempat mendaftar UM PTKIN, disana pendaftarannya juga online untuk memutus rantai covid-19, peserta harus mengunjungi laman resmi penerimaan mahasiswa baru IAIN SAS Babel di www.iainsasbabel.ac.id, kemudian klik PMB Mandiri dan seterusnya,” papar Mega.

Penulis: Abdul Roni | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button